Ada 12.291 Janda Muda Baru di Garut

- 29 Maret 2019, 08:42 WIB
Perceraian/APA.ORG

GARUT, (PR).- Tingkat perceraian yang terjadi di Garut dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir terbilang tinggi. Ironisnya, mereka yang gagal mempertahankan rumah tangganya rata-rata masih berusia muda yakni antara 23-35 tahun.

Tingginya angka perceraian di Garut dalam beberapa tahun terakhir diakui Juru Bicara Pengadilan Agama Kelas 1A Garut, Muhammad Dihyah Wahid. Menurut dia, sejak sejak 2016, di Garut telah lahir 12.291 janda baru.

"Jumlah sebanyak itu baru berdasarkan data yang masuk di Pengadilan Agama Garut dan yang sudah diputus hingga akhir tahun 2018. Jumlah keseluruhannya bisa saja lebih banyak dari itu karena tak menutup kemungkinan masih ada yang belum terdata," ujar Dihyah, Kamis 28 Maret 2019. 

Menurut dia, meski ada janda yang usianya muda dan tua, rata-rata mereka yang bercerai masuk dalam kategori usia produkstif yakni 23-35 tahun.

Dihyah mengatakan, ada berbagai faktor yang menjadi penyebab banyaknya pasangan suami-istri yang memilih berpisah. Perceraian lebih banyak diakibatkan faktor ekonomi dan suami yang dianggap tidak bertanggung jawab.

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, tutur Dihyah, kasus perceraian yang terjadi selama tiga tahun terakhir cenderung mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang ada, kenaikan kasus prceraian dalam tiga tahun terakhir mencapai hampir 46 persen.

"Sebelumnya, pada 2016, jumlah kasus perceraian yang sudah diputus mencapai 3.642 kasus. Namun, tahun 2018 naik cukup tinggi menjadi 4.647 kasus," kata dia seperti dilaporkan wartawan Kabar Priangan Aep Hendy.

Dihyah mengatakan, jumlah gugatan cerai yang terdaftar jauh lebih banyak. Namun, pada akhirnya tak semuanya jadi diputus bercerai karena tak sedikit pula yang memutuskan mencabut gugatannya.

Bagi mereka yang berperkara, Penngadilan Agama biasanya memberikan bantuan hukum melalui pos bantuan hukum pengadilan. “Biasanya mereka dilayani pengacara masing-masing. Sementara kami tidak diperbolehkan menemui para pihak sebelum ada putusan,” ujar dia.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Portal Sulut

Wakil DPR RI Kunjungi Kotamobagu

29 November 2020, 14:03 WIB
X