Minggu, 29 Maret 2020

Pengunjung Dibuat Betah di Pasar Cibolerang

- 12 Maret 2019, 14:56 WIB
SUASANA pasar tradisional Ciborelang, Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, tampak bersih dan tertata. Di pasar ini pengunjung bisa nyaman berbelanja tanpa mencium bau atau merasa jijki karena kotor. Pasar tradisional Ciborelang adalah pasar terbersih di Kabupaten Majalengka.*/ TATI PURNAWATI/KABAR CIREBON

MAJALENGKA, (PR).- Pasar Ciborelang, Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka mungkin satu-satunya pasar tradisional terbersih yang ada di Kabupaten Majalengka, bahkan mungkin di Jawa Barat. Tak ada sampah berserakan, apalagi lumpur di lantai pasar.

Lantai pasar  yang luasnya sekitar 0.5 hektar semuanya menggunakan keramik  putih, sehingga ketika lantai terkena lumpur, sampah plastik atau daun berserakan akan terlihat jelas.

Di Pasar Ciborelang yang dikelola oleh pemerintah desa setempat ini nyaris nihil sampah di lorong tempat pembeli melintas ataupun di samping lapak para pedagang. Malah di lapak pedagang sayuran yang biasanya paling banyak memproduksi sampah, atau di kios  kue jajanan pasar, dan pedagang ikan basah sekalipun nyaris tidak nyampah. Sampah-sampah yang diproduksi oleh para pedagang langsung dikemas di tempat sampah dan setiap saat diambil petugas kebersihan.

Oleh karena itu,  kendati  pasar tradisional, tidak tercium bau sampah. Pengunjung pun tak merasa  jijik seperti halnya di pasar tradisional lainnya.

Kawasan parkir pun tampak aman dan bersih.  Tempat  parkir sepeda motor dan sepeda angin tersedia di dua lokasi  nan nyaman dan teduh di dalam kawasan pasar.

loading...

Retribusi murah

Sejumlah pedagang mengatakan kebersihan pasar dikelola bersama. Pedagang berkewajiban menyediakan tempat sampah yang setiap saat diambil petugas kebersihan. Untuk membayar kebersihan keamanan dan listrik mereka cukup mebayar Rp 4.000 hingga Rp 7.000 saja per hari.

“Saya kan hanya lapak jadi bayarnya hanya Rp 4.000 per hari,” ungkap Maman, salah seorang pedagang, kepada Tati Purnawati, wartawan Kabar Cirebon.

Soal harga, barang dagangan di pasar ini ternyata relatif murah, sama halnya dengan pasar tradisional lain. Harga daging Rp 120.000 per kilogram, beras mulai Rp 9.000 hingga 13.000 per kilogram. Sayuran juga cukup murah dan kiosnya lebih tertata.

Kepala Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Toyib mengatakan, pasar tersebut adalah pasar desa yang baru dibangun dua tahun lalu. Luas pasar sekitar 6.800 meter persegi, namun baru dibangun sekitar 5.600 meter. Pasar tersebut kini dihuni  800 pedagang. Mereka menempati lapak, kios dan los.

Halaman:

Editor: ella yuniaperdani

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X