Senin, 9 Desember 2019

Manfaatkan TransJakarta Gratis Setiap Senin Hingga April 2019

- 11 Maret 2019, 21:42 WIB
PT Jasa Marga menggelar program

BEKASI, (PR).- Kemacetan parah yang selalu terjadi di jalan tol Jakarta-Cikampek sejak berlangsungnya pembangunan sejumlah proyek strategis nasional selalu dikeluhkan pengguna jalan tol. Sebagai kompensasinya, PT Jasa Marga pun menggelar program "Senin Diongkosin" yang diperuntukkan bagi penumpang Transjakarta asal Bekasi.

Assistant Manager Media Relations PT Jasa Marga, Irwansyah, mengatakan bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian PT Jasa Marga kepada warga Bekasi yang ikut merasakan dampak negatif dari pekerjaan proyek-proyek strategis nasional di jalan tol. Dampak itu berupa kemacetan yang harus dialami warga Bekasi tiap kali mengakses ruas tol Jakarta-Cikampek.

"Program ini juga dirilis dengan harapan ada kontribusi tambahan bagi pengurangan kendaraan pribadi yang masuk jalan tol, karena lebih memilih beralih ke angkutan umum," katanya, Senin, 11 Maret 2019.

Irwansyah mengatakan, program "Senin Diongkosin" ini berlaku bagi penumpang Transjakarta yang berangkat dari Halte Summarecon dengan menumpang angkutan rute Summarecon-Tosari dan Summarecon-Tanjung Priuk. Program diberlakukan setiap Senin hingga April 2019.

"Namun waktunya terbatas, yakni pukul 05.00-09.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB," kata Irwan. Pada hari pertama program ini berlangsung, ada 973 penumpang yang memanfaatkan program itu di sesi pagi hari.

Saat program berlangsung, PT Jasa Marga menempatkan petugasnya di dekat tempat tapping kartu. Begitu ada penumpang yang akan masuk, petugas Jasa Marga yang melakukan tapping kartunya sendiri hingga penumpang bisa masuk dan menaiki bus tanpa membayar ongkos.

"Selanjutnya akan kami evaluasi apa perlu penambahan lokasi halte diberlakukannya program ini atau seperti apa. Namun, kalau perihal jam berlaku program, disesuaikan dengan waktu-waktu kepadatan jalan tol yang berkaitan dengan jam keberangkatan dan kepulangan kerja," katanya.

Sementara itu, petugas layanan tiket Transjakarta di halte Summarecon, Yuli Martuti, mengatakan bahwa belum ada lonjakan jumlah penumpang yang signifikan berkaitan dengan pemberlakuan program ini. "Relatif sama dengan hari-hari biasanya. Jumlah penumpang pada 'shift' satu mulai pukul 05.00-13.00 WIB ada 1.243 untuk semua rute yang dilayani dari halte ini," katanya.


Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

X