Kamis, 20 Februari 2020

RSUD Ciamis Siapkan Dokter dan Ruangan Khusus Caleg Depresi

- 28 Februari 2019, 21:30 WIB
Depresi/CANVA

CIAMIS,(PR).- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis siap menampung calon legislator yang mengalami depresi atau stress akibat gagal menjadi wakil rakyat pada Pileg 2019. Rumah sakit plat merah Ciamis tersebut juga membentuk tim khusus untuk menangani pasien yang mengalami gangguan jiwa.  

“Kami memang belum memiliki bangsal khusus, baru poli jiwa. Apabila ada pasien yang perlu dirawat (karena stres), masih digabung dengan yang lain, atau jika terpaksa mendapat perawatan di ruangan isolasi. Tentunya sesuai dengan kondisi pasien,” tutur Direktur RSUD Ciamis Aceng Solehudin, Kamis 28 Februari 2019.

Selain ruang isolasi atau digabung dengan pasien umum, lanjutnya, untuk menghadapi segala kemungkinan terkait dampak kekalahan Pileg, RSUD Ciamis juga membentuk tim kesehatan khusus. Tim tersebut melibatkan berbagai disiplin ilmu, seperti dokter spesialis jiwa, dokter umum, dan lainnya. Termasuk juga melibatkan perawat lainnya.

“Kami siap menampung, tidak hanya dikhususkan untuk menangani caleg yang depresi akibat gagal di pileg, akan tetapi juga semua pasien yang mengalami gangguan jiwa. Selain dokter yang ada, kami juga siap menghadirkan dokter spesialis lainnya yang dibutuhkan untuk menangani pasien,” jelas Aceng.

Untuk menentukan kondisi pasien mengalami gangguan kejiawan atau tidak, lanjut Aceng, harus diputuskan sesuai prosedur harus melalui diagnosis, dan beberapa tindakan lain. Dengan demikian, tuturnya, penanganannya sesuai dengan kondisi pasien.

“Calon legislatif di Ciamis mah kayaknya moal aya nu stress. Kami percaya caleg Ciamis tidak hanya siap menang, akan tetapi juga siap kalah. Apapun kondisinya, kami siap dengan semua situasi,” kata Aceng Solehudin.***


Editor: Fani Ferdiansyah

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X