Polisi Sukabumi Bekuk Pelaku Pencurian Modus Ganjal ATM

- 28 Februari 2019, 18:30 WIB
LIMA pelaku pengganjal ATM di Sukabumi digelandang petugas Polres Sukabumi.*/AHMAD RAYADIE/PR

SUKABUMI, (PR).- Lima pelaku ganjal Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dibekuk Unit Buser Satreskrim Mapolres Sukabumi Kota, Kamis 28 Februari 2019. Saat digelandang, kelima pelaku pencurian uang melalui kartu ATM itu tak melakukan perlawanan.

Para pelaku MA (35), JI (38), ITW (42), HA (42) dan NS(37), digaruk petugas setelah tertangkap basah melakukan aksinya. Dari tangan para pencuri profesional tersebut, polisi menyita sebanyak 74 kartu ATM berbagai bank, uang tunai sebanyak Rp 1,9 juta, satu batang tusuk gigi, sebuah gunting besi, sebilah cutter, dan satu pinset untuk menjepit.

Aksi pencurian yang meresahkan masyarakat ini bermula saat kawanan pelaku melancarkan aksinya dengan modus mengganjal ATM korban. Berbekal laporan korban, polisi melakukan serangkaian pemburuan, hingga akhirnya menggaruk para pelaku.

"Seolah-olah petugas bank, pelaku memberikan bantuan. Hanya dalam beberapa detik, ATM korban telah berpundah tangan dan diganti kartu ATM yang lain," kata Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Sukabumi Kota, Ajun Komisari Besar Polisi (AKBP) Susatyo Purnomo Condro.

Dengan modus tersebut, kata Susatyo Purnomo Condro, pelaku berhasil mengelabui korban. Dia tidak hanya mengantongi kartu ATM, kawanan tersebut telah mengetahui nomor pin yang digunakan korban.

loading...

"Bermodal kartu ATM asli milik korban. Pelaku menguras seluruh uang dan melakukan transaksi menggunakan mesin ATM lain," katanya.

Susatyo Purnomo Condro mengimbau kepada masyarakat Kota Sukabumi untuk selalu berhati-hati saat bertransaksi menggunakan mesin ATM. Terutama dibeberapa ATM yang sepi pengunjung 

“Jangan mudah percaya, bila ada sesuatu yang mengganjal atau kartu tersangkut. Tiba tiba ada orang asing yang menawarkan bantuan," katanya.

Dia mengatakan, diduga masih ada pelaku lain yang masih satu jaringan dengan para tersangka. Terkait para pelaku yang telah ditangkap ini, Susatyo Purnomo Condro menjelaskan pihaknya akan menjeratnya dengan pasal 362 KUHPidana Pencurian, dengan ancaman 5 tahun penjara dan pasal 378 KUHPidana Penipuan, dengan ancaman 4 tahun penjara.***

Halaman:

Editor: Fani Ferdiansyah


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X