Senin, 9 Desember 2019

Hoaks Marak di Jawa Barat, Dessy Ratnasari: Mari Bereskan

- 26 Februari 2019, 21:00 WIB
Hoaks.*/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Jawa Barat disebut sebagai salah satu provinsi dengan tingkat sebaran berita bohong paling tinggi.

Hal itu setidaknya pernah disampaikan calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin. Dalam sebuah acara pengukuhan relawan di Institut Lembang Sembilan di Jakarta, Minggu 24 Februari 2019, Ma'ruf Amin menyebut Jabar sebagai provinsi yang paling kuat diterpa badai hoaks.

Menurut Ma'ruf Amin, tingginya tingkat persebaran hoaks di Jabar tak bisa dilepaskan dari tingginya potensi suara di Jabar. Hal itu pula yang membuat semua kontestan berlomba-lomba mengeruk suara di Jabar.

"Jawa Barat menjadi salah satu target yang digarap dan dimenangkan," kata Ma'ruf Amin.

Dessy Ratnasari: kita harus introspeksi

Menanggapi pernyataan itu, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dessy Ratnasari menyebut, ketimbang menunjuk satu provinsi tertentu sebagai tempat sebaran hoaks paling tinggi, alangkah lebih baik kalau semua elite punya komitmen bersama untuk memberi teladan kepada pemilih.

Politisi PAN Jawa Barat itu tak memungkiri kalau selama ini gerakan antihoaks sudah tersebar di mana-mana, tetapi nyatanya masih ada saja orang yang melakukannyamenyebarkan hoaks

"Bahkan ada yang sudah dihukum, tapi masih ada juga. Kita harus introspeksi apakah kita juga menyebarkan hoaks? Dari pada menyebut begitu, yuk mari bereskan. Kenapa hoaks masih ada juga? Orang-orang mungkin enggak mau menjalankan aturan atau bahkan saya belum menyadari apakah kita sudah menjalani aturan?" ucap Dessy Ratnasari, Selasa 26 Februari 2019.

Dessy Ratnasari tak memungkiri, setiap melakukan kunjungan ke daerah pemilihannya di Jabar, selalu saja ada masyarakat yang mengkonfirmasi berita bohong yang dia terima. Dessy Ratnasari mencontohkan pertanyaan masyarakat yang menyebut kalau Program Keluarga Harapan adalah program Jokowi dan dananya bersumber dari Jokowi.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X