Senin, 24 Februari 2020

Jawa Barat Serupa Indonesia Kecil dalam Politik

- 13 Januari 2019, 17:42 WIB
Pemilu.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Pemilihan Presiden akan berpengaruh besar terhadap peta partai politik di Jawa Barat. Suara yang disumbangkan dalam Pilpres 2019 akan memberikan limpahan kekuatan bagi parpol.

Setidaknya ada 7 parpol yang mendominasi kekuatan di Jawa Barat. Tujuh parpol tersebut antara lain PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PPP, PKS, dan Demokrat.

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Firman Manan mengatakan, kekuatan politik di Jawa Barat merepresentasikan politik di Indonesia.

Ia mengatakan, ketika dilakukan Pemilihan Umum serentak, pemilih akan fokus pada pemilihan presiden. Oleh karena itu, parpol yang mencalonkan presiden dan wakil presiden akan mendapatkan limpahan suara.

 “Setidaknya ada tiga parpol yang akan beroleh limpahan suara yang relatif signifikan di Jawa Barat,” ujarnya, Minggu 13 Januari 2019.

Ketiga parpol itu antara lain PDIP dan Gerindra sebagai parpol pengusung presiden dan wakil presiden. Pengaruh calon wakil presiden Ma’ruf Amin akan meningkatkan suara PKB yang relatif signifikan.

Selain itu, parpol yang memiliki basis massa tradisional akan tetap berkuasa di Jawa Barat. Firman Manan mengatakan, dengan basis massa di wilayah Cirebon, Majalengka, dan Kuningan, suara PDIP akan terus bertambah.

Golkar yang memiliki basis yang cenderung merata di Jabar juga akan tetap berkuasa. Basis terkuat Golkar berada di Banjar dan Indramayu.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X