Rabu, 3 Juni 2020

Asap Misterius Keluar dari Sebidang Tanah di Bekasi

- 6 November 2018, 11:32 WIB
WARGA menunjukkan tanah yang menghitam seperti terbakar dan mengeluarkan asap di Kampung Poponcol, Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Selasa 6 November 2018. Selain berasap, tanah itu juga mengeluarkan bau menyerupai gas.*

CIKARANG, (PR).- Sebidang tanah di Kampung Poponcol RT 2, RW 2, Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi mengeluarkan asap. Kejadian yang berlangsung sejak sebulan lalu itu membuat warga heran.

Berdasarkan pantauan pada Selasa 6 November 2018, lokasi tersebut berada di kebun kosong yang ditumbuhi berbagai jenis pohon.

Untuk menjangkau lokasi itu, warga harus berjalan kaki melewati tembok belakang rumah warga, lalu menembus pemakaman di hutan bambu.

Asap keluar di sebidang tanah dengan panjang sekira empat meter dan lebar satu meter. Asap keluar dari tanah yang berubah warna menjadi hitam. Kerikil batu yang berada di permukaan tanah pun berwarna hitam seperti terbakar.

Permukaan tanah yang menghitam mengeluarkan suhu panas. Ranting-ranting pohon di sekitarnya turut menghitam akibat suhu panas itu. Kemudian, di sekitar lokasi tercium aroma menyerupai bau gas pemantik api.

“Kalau kemarin hujan, itu asapnya tambah banyak. Mengepul begitu seperti di pabrik genting, asapnya tinggi,” kata Emak (73), warga yang rumahnya paling dekat dengan lokasi tanah berasap tersebut.

Desa Ridomanah menjadi salah satu daerah penghasil genting di Kabupaten Bekasi. Maka dari itu, warga memahami proses produksi genteng.

Sempat keluar api

Ketua RT setempat, Uman Luki mengatakan, laporan keluarnya asap itu pertama kali diterima dari warga sekitar sebulan lalu. Namun, volume asap yang keluar semeningkat sekitar sepekan terakhir. Bahkan sempat mengeluarkan api.

Halaman:

Editor: Tommi Andryandy


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X