Langhub, Jejak Jembatan Cisomang Lama

- 9 Oktober 2018, 15:43 WIB
PERBANDINGAN foto koleksi Tropenmuseum dan sisa pondasi/landasan jembatan lama kereta Cisomang atau Langhub di Kampung Ciporang, Desa Puteran, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Kamis, 4 Oktober 2018. Jejak peninggalan jembatan Belanda tersebut masih tersisa di Lembah Cisomang.*

SISA pondasi jembatan lama Cisomang itu masih tersisa di perbatasan Kabupaten Bandung Barat, dan Purwakarta. Warga sekitar menyebutnya Langhub.

Cerita tentang riwayat Langhub terbilang minim diketah‎ui. Padahal di masa lampau, jembatan perlintasan kereta api tersebut sempat disebut salah satu yang tertinggi di Indonesia dan menjadi proyek raksasa Belanda. 

Jembatan Cisomang lama lebih dikenal berada di tepi jembatan baru yang dibuka Presiden Megawati pada 2004. Penelusuran "PR" justru menemukan jejak jembatan Cisomang paling tua tak jauh dari dua penggantinya.

Tak banyak warga Desa Puteran, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat yang tahu tentang keberadaan sisa jembatan lawas yang melintang di atas Sungai Cisomang. Kebanyakan warga mengenal jembatan lama terletak di sisi Jembatan Cisomang baru. Jembatan itu pun sudah tak berfungsi dan diganti dengan jembatan baru.

Berbekal beberapa foto koleksi Tropenmuseum, Belanda, "PR" menelusuri keberadaanya di Desa Puteran, belum lama ini. Dalam keterangan foto, Tropen menyebut jembatan lama Cisomang berdiri pada 1894. 

Dalam salah satu koleksi fotonya bertarikh 1900-1910, terlihat adanya inspeksi dengan menggunakan kereta api saat jembatan itu rampung. Namun, ada hal yang berbeda bila membandingkan foto tersebut dengan kondisi jembatan Cisomang saat ini. Jembatan awal Cisomang memiliki rongga atau ceruk. Hal tersebut tak terlihat pada Jembatan Cisomang penerusnya yang berlokasi di tepi jembatan kereta baru. 

Titik terang muncul saat beberapa warga Puteran yang berusia lanjut membenarkan kawasan Langhub sebagai lokasi jembatan awal Cisomang. Lokasi Langhub berada tak jauh dari kedua jembatan kereta penggantinya  dan area proyek kereta cepat.

Langhub merupakan lokasi pesawahan di pinggir lembah Cisomang, Kampung Ciporang, Desa Puteran. Di Langhub, warga menyatakan adanya tutunggul atau tunggul sisa jembatan tua. Selepas berjalan menelusuri kebun dan sawah-sawah yang berkelok menurun, tutunggul itu pun terlihat.

Dari jauh, bangunan Langhub seperti benteng lama yang tegak berdiri dengan tiga lubang di badannya. Padahal, bangunan itu menjadi landasan atau tumpuan jembatan rel kereta yang menyambung dengan landasan lain di seberangnya di wilayah Purwakarta.

Halaman:

Editor: Bambang Arifianto


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X