Kamis, 20 Februari 2020

Ridwan Kamil Diminta Keraton Kasepuhan Perhatikan Ciayumajakuning

- 5 September 2018, 08:07 WIB
Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, mengawali menabuh bedug berusia ratusan tahun, dalam tradisi dlugdag menandai berakhirnya bulan Sya'ban dan siap-siap memasuki bulan Ramadan, Rabu 16 Mei 2018 bada salat asar.

CIREBON, (PR). - Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Jabar terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum diminta lebih memperhatikan wilayah Jabar bagian timur. Lebih spesifik lagi, Keraton Kasepuhan meminta perhatian lebih ke wilayah Ciayumajakuning.

Selain Jabar bukan hanya wilayah Priangan, wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Terutama yang bisa meningkatkan kesejahteraan warga Jabar.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengatakan, sejumlah persoalan krusial masih dihadapi wilayah III Cirebon. 

Di antara persoalan penting yang urgen untuk segera dituntaskan yakni meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), terutama di Kabupaten Cirebon dan Indramayu. Di dua kabupaten itu, IPM-nya masih terendah di Jabar.

Menurutnya, rendahnya IPM karena rendahnya tingkat pendidikan dan kesehatan serta daya beli masyarakat.

Selain IPM, hal ain yang juga perlu diperhatikan yakni potensi luar biasa pariwisata Cirebon yang belum digali secara optimal.

Wilayah Jabar timur, kata Arief, memiliki potensi wisata sejarah dan budaya yang kaya. Khususnya Cirebon, dengan istana atau keraton tertua dan terlengkap senusantara, mesjid kuno, kesenian, kerajinan batik, adat dan tradisinya.

“Semua potensi pariwisata itu perlu dilestarikan dan dimajukan, apalagi pariwisata dapat meningkatkan PAD dan devisa negara. Sekaligus bisa menjadi solusi meningkatkan IPM, karena bisa membangkitkan ekonomi masyatakat, “ kata Sultan Arief. 

Halaman:

Editor: Ani Nunung Aryani

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X