Pembangunan Kawasan Kota Tua Depok Segera Terwujud

- 28 Agustus 2018, 12:30 WIB

DEPOK, (PR).- Keberadaan kawasan kota tua segera terwujud di Kota Depok.‎ Pemerintah Kota Depok bakal membangun dan menata Jalan Pemuda di Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas sebagai kawasan cagar budaya pada awal September 2018.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok Yelis Rosdiana menuturkan, pembangunan dan penataan kawasan tua yang sarat bangunan bersejarah itu sangat penting bagi masyarakat. Jalan Pemuda sebagai bagian kawasan lama merekam langsung perjalanan sejarah Depok di masa silam. Buktinya terlihat dari deretan gedung-gedung tua berumur ratusan tahun yang masih berdiri di sana.

Untuk itu, penataan kawasan lama dimulai dengan pembangunan dua gapura yang menjadi akses masuk dan keluar di Jalan Pemuda.

Titik gapura berdiri masing-masing di persimpangan Jalan Kartini dan Pemuda serta Jalan Siliwangi dan Pemuda. Desain gapura mengacu pada bangunan-bantuan khas Belanda yang mengguna pilar-pilar penyangga.

Meski demikian, karakter lokal Kota Depok dengan ikon Jembatan Panus yang dibangun pada 1917 juga ikut masuk dalam bentuk gapura. Lengkungan gapura bakal mengikuti model jembatan tua Depok tersebut.

Yelis menambahkan, pedestrian Pemuda pun itu ditata. Dari panjang jalan yang mencapai sekitar 500 meter, Pemkot akan memperbaiki pedestrian sepanjang 50 meter terlebih dahulu  pada tahap awal di 2018.

"Pembuatan gapura dan pedestrian (dilakukan paling awal) karena itu mencirikan kita masuk di kawasan heritage," ucap Yelis dalam sosialisasi pembangunan dan penataan kawasan kota tua Depok di Kantor Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein di Jalan Pemuda, Selasa, 28 Agustus 2018.*

Pembangunan dan penataan jalan dibuat seperti kawasan Jalan Riau Bandung dan Kota Tua Melaka, Malaysia. Jalan-jalan itu menawarkan kekayaan sejarah dan pemandangan arsitektur bangunan tempo dulu di kanan kirinya.

Rencananya, Pemkot bakal melengkapi kawasan yang dulunya bernama kerkstraat atau jalan gereja itu dengan panggung budaya di bekas gedung bioskop. 

Halaman:

Editor: Bambang Arifianto


Tags

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X