Pembangunan Kampung Buricak Burinong Dilanjutkan

- 29 Juli 2018, 16:05 WIB
Sejumlah warga bergotong royong mengecat atap dan genting rumahnya dengan cat berwarna-warni guna mewujudkan pembangunan Kampung Buricak Burinong di Dusun Cisema, Desa Pakualam, Kec. Darmaraja, Minggu, 29 Juli 2018.*

SUMEDANG, (PR).- Pembangunan Kampung Buricak Burinong di Dusun Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, kembali berlanjut. Pembangunan yang diinisiasi setahun lalu itu, kini dilanjutkan dengan pengecatan atap dan genting rumah dengan cat berwarna- warni.

"Dalam prosesnya, enam bulan pertama kami menyelesaikan pengecatan dinding. Enam bulan terakhir, kami fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kini, memasuki tahun kedua, kami melanjutkan dengan proses pengecatan atap dan genting. Ada 150 rumah yang akan kami cat bersama-sama masyarakat Cisema," tutur Pembina Yayasan Sumedang Motekar sekaligus Penggagas Kampung Buricak Burinong, Herman Suryatman di Sumedang, Minggu, 29 Juli 2018.

Ia mengatakan, rencana pengecatan 150 atap rumah warga di Kampung Buricak Burinong yang terletak di kawasan Bendungan Jatigede itu, membutuhkan cat sekira 3 ton. Kebutuhan itu, dengan asumsi pengecatan satu atap rumah warga membutuhkan 20 kg cat.

"Jadi, total kebutuhan cat untuk 150 rumah warga diperkirakan mencapai 3.000 kg cat atau sekira 3 ton," katanya.

Menurut Herman, dari kebutuhan cat sebanyak itu, hingga kini baru tersedia 2 ton cat. Persediaan itu, masing-masing 1 ton dari bantuan CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) salah satu perusahaan, dan dari partisipasi Pemerintah Desa Pakualam.

Kebutuhan 1 ton cat lagi, akan segera dipenuhi dari sumbangan masyarakat lainnya yang peduli terhadap pembangunan Jatigede.

"Harga cat untuk atap lebih mahal ketimbang cat dinding. Proses pengerjaannya pun lebih sulit. Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang," ucapnya.

Pengecatan atap dan genting rumah warga itu, kata dia, akan lebih menguatkan kesan buricak burinong (warna warni) cat rumah di kampung tersebut. Apalagi jika dilihat dari atas atau ketinggian, warna- warni catnya akan tampak semakin kontras.

Halaman:

Editor: Adang Jukardi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X