Minggu, 7 Juni 2020

Rekomendasi Wisata Alam di Puncak Libur Awal Pekan ini

- 30 April 2018, 08:07 WIB

MENGUNJUNGI objek wisata alam bisa menjadi pilihan untuk mengisi hari libur di awal pekan ini. Pemandangan indah dan suasanna yang menenangkan diharapkan bisa melepaskan kepenatan rutinitas sehari-hari di perkotaan.

Banyak pilihan tujuan wisata alam di Jawa Barat. Salah satunya dan mungkin paling populer selama ini adalah kawasan Puncak Kabupaten Bogor. Selain lokasinya yang berada tidak jauh di antara Bandung-Jakarta, Puncak memang memiliki potensi wisata alam yang masih menarik.

Di tengah pemberitaan media massa mengenai longsor dan kondisi alam yang rusak, sebagian besar kondisi tempat wisata di Puncak sebenarnya masih sangat aman dan alami. Kelestarian lingkungan di sana tergantung sikap para pengunjung yang ikut menjaganya tetap alami.

Di setiap lokasi wisata, terdapat keunikan dan keunggulan masing-masing, sehingga cara menikmatinya pun berbeda satu sama lainnya. Beberapa lokasi yang direkomendasikan PR di antaranya:
 

1. Curug (air terjun) Cilember

Berada di wilayah Desa/Kecamatan Mega Mendung Kabupaten Bogor, curug tersebut juga dikenal masyarakat sekitar dengan julukan Curug Tujuh karena memiliki tujuh tingkat air terjun. Lokasinya yang berada di pelosok pegunungan memang cukup aulit ditempuh kendaraan besar seperti bus.

Kendaraan sebesar bus tidak bisa mencapai lokasinya secara langsung. Bus pariwisata akan diarahkan parkir di lapangan khusus sebelum tanjakan curam di dekat lokasi Curug Cilember. Para penumpang bus dapat menyewa ojeg pangkalan atau angkutan umum roda empat.

Karena medan jalan sulit dijangkau, pengunjung sebaiknya membawa mobil pribadi atau sepeda motor yang cocok untuk menanjak. Sedikit pengorbanan untuk mencapai lokasi akan terbayarkan dengan keindahan alam dan suasana yang asri di Curug Cilember.

Suara arus air sudah terdengar di pintu masuk lokasi. Wisatawan disambut dengan pepohonan rindang khas hutan hujan tropis di pegunungan yang menyejukkan. Suasana tersebut menghibur selama berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju lokasi air terjun sejauh sekitar 100 meter.

Selain air terjun, terdapat sejumlah wahana yanh bisa dicoba seperti lokasi berfoto, kolam terapi ikan dan taman penangkaran kupu-kupu berisi 12 jenis spesies berbeda. Setelah mandi di air terjun, pengunjung bisa beristirahat di fasilitas penginapan yang disediakan pengelola, yakni villa, bumi perkemahan atau ruang pertemuan.

Halaman:

Editor: Hilmi Abdul Halim


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X