Pilgub Jabar 2018, Pilkada Paling Strategis di Indonesia

- 4 April 2018, 13:13 WIB

PILGUB Jabar 2018 dianggap sebagai pilkada yang strategis. Selain memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia, Pilgub Jabar juga dinilai berperan penting dalam medan politik nasional baik legislatif maupun Pemilu Presiden 2019.

Tidak mengherankan jika setiap partai politik memunculkan nama-nama terbaik untuk bersaing memperebutkan kursi kepala daerah Jabar.

Berbeda dengan Pilgub Jabar 2013, kali ini tidak ada calon perseorangan. Semua calon diusung partai politik meski ada yang bukan dari kader partai. Berikut empat pasangan calon yang mengikuti Pilgub Jabar 2018.

Ada empat pasangan calon yang akan bersaing di Pilgub Jabar 2018. Mereka adalah:

Berikut adalah visi dan misi pasangan calon di Pilgub Jabar 2018:

1. Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum

Di antara calon gubernur lain di Pilgub Jabar 2018, Ridwan Kamil merupakan yang pertama menyatakan maju menjadi kepala daerah Jabar. Eksistensinya ditandai dengan deklarasi dukungan dari Partai Nasdem pada 19 Maret 2017. 

Sejak saat itu, dinamika mengenai Ridwan Kamil terus berkembang mulai dari pemenuhan syarat minimal kursi untuk pencalonan hingga sosok wakil yang akan mendampinginya. Akhirnya, menjelang pembukaan pendaftaran bakal calon kepala daerah Jabar, Ridwan memilih Uu Ruzhanul Ulum sebagai pendampingnya.

Beberapa program yang akan diterapkan Ridwan-Uu di antaranya pengembangan desa tematik, penguatan peran pertanian dan perikanan sebagai kekuatan ekonomi, mendorong penerapan ekonomi berbasis syariah, serta meningkatkan mata rantai industri besar-menengah-kecil dan membuka lapangan kerja baru.

Halaman:

Editor: Fitrah Ardiansyah - Periset PR


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X