Kamis, 5 Desember 2019

Herdiat Sunarya, Birokrat di Balik Mencuatnya PSGC Ciamis

- 21 Februari 2018, 05:33 WIB

SEMPAT membuat kejutan dengan mengalahkan skuad Persib pada laga uji coba Liga Super Indonesia 2015, tim Persatuan Sepak Bola Galuh Ciamis (PSGC Ciamis) mencuat namanya. Bagi pencinta sepak bola terutama Balad Galuh atau Baraya Galuh, hal itu tercipta salah satunya atas sumbangsih Herdiat Sunarya. Dia merupakan sosok manajer tim PSGC yang juga menjabat Sekretaris Daerah Ciamis.

PSGC Ciamis pernah menahan imbang tim Pangeran Biru, di laga uji coba Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 dan nyaris masuk Liga Indonesia. Herdiat Sunarya berhasil membawa Laskar Ciung Wanara berlaga di Piala Presiden 2015, Divisi Utama Liga Indonesia ISC B 2016, tetapi berakhir di fase grup Liga 2 Indonesia 2017.

Herdiat tentu punya tempat tersendiri di mata warga Ciamis, ia berhasil mengangkat nama Ciamis di kancah persepakbolaan nasional. Di kalangan birokrat Tatar Galuh, dia juga bukan wajah baru, karena sebelumnya pernah bekerja di Bappeda Ciamis. Sebelum mencapai posisi strategis di Setda, Herdiat Sunarya bertugas di berbagai posisi di lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Pada 1992, Herdiat memulai kariernya sebagai pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa Panjalu. Tak lama kemudian, ia menjadi Sekretaris Camat di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Setelah menjabat Sekda dua periode kepemimpinan Bupati Ciamis, selama 6 tahun, akhirnya Herdiat tampil sebagai calon Bupati Ciamis pada Pilkada Serentak 2018 ini.

Herdiat besar di kalangan pengusaha dan dianggap sudah tahu seluk beluk Ciamis, dia juga dekat dengan kalangan pengusaha. Pria berkacamata itu membawa jargon perubahan dan maju dengan politisi kelahiran Ciamis, Yana D Putra. Herdiat mendaftar ke KPU Ciamis bersama legislator Partai Amanat Nasional, di DPRD Ciamis tiga periode berturut-turut itu.

Herdiat Sunarya maju sebagai calon orang nomor satu di Kabupaten Ciamis, diusung oleh koalisi besar enam partai. Partai yang mendukungnya adalah PKS, PAN, Gerindra, Demokrat, Nasdem, dan PBB. Herdiat serius untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Ciamis bersama calon wakilnya Yana D Putra. Menurut Herdiat, banyak hal yang perlu dibenahi untuk lebih memajukan dan menyejahterakan warga Ciamis.

Herdiat sempat berkeinginan mencalonkan Bupati Ciamis pada Pilkada 2013. Namun, niat itu dibatalkan setelah didatangi salah seorang fungsionaris partai yang memintanya untuk menunda. Kini, Herdiat semakin rajin bersosialisasi ke berbagai penjuru di Kabupaten Ciamis.

Sebagai amunisi untuk bertarung di Pilbup Ciamis 2018, Herdiat mengatakan punya berbagai program untuk menambah lapangan pekerjaan, seperti di sektor pertanian, olahan kayu, perkebunan kopi di Ciamis utara. Kata Herdiat, itu untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran, semuanya untuk menuju Ciamis lebih baik, Ciamis lebih maju, dan rakyatnya sejahtera.


Halaman:

Editor: Epul Saepuloh - Periset PR

Tags

Komentar

Terkini

X