Jumat, 6 Desember 2019

Hattrick, Tiga Bupati Subang Terjerat Korupsi

- 14 Februari 2018, 06:29 WIB
korupsi.*

BUPATI Subang Imas Aryumningsih yang dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa, 13 Februari 2018 malam, bukanlah kepala daerah Subang pertama yang terkena kasus korupsi. Dua Bupati Subang sebelumnya juga terguling karena terlibat korupsi.

Ironisnya, kasus korupsi yang menjerat tiga bupati Subang ini terjadi dalam tempo sepuluh tahun dalam tiga periode kepemimpinan berturut-turut. Ketiga nama tersebut adalah Eep Hidayat, Ojang Sohandi, dan Imas Aryumningsih.

Eep Hidayat merupakan Bupati Subang yang menjabat pada periode 2003-2008 dan 2008-2013. Ia mengawali karir politiknya sebagai anggota DPRD Kabupaten Subang dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Jelang akhir masa jabatannya di periode pertama, nama Eep disebut-sebut terlibat dalam kasus korupsi upah pungut pajak bumi dan bangunan. Akan tetapi ia masih bisa mengikuti dan memenangkan Pemilu 2008.

Eep awalnya diadili di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung pada 2011 dan divonis bebas. Namun putusan tersebut dimentahkan di tingkat kasasi oleh Mahkamah Agung yang memutuskan Eep bersalah.

Eep divonis 5 tahun penjara dan membayar denda sebesar Rp 200 juta atau subsider 3 bulan kurungan serta membayar uang pengganti sebesar Rp2, 548 miliar.

Sebelum menjabat Bupati Subang, Ojang Sohandi merupakan ajudan Eep Hidayat. Pada 2008, ia mendampingi Eep maju sebagai calon wakil bupati di Pilbup Subang. Mereka memenangkan pilkada dengan mengumpulkan 34,10% suara.


Halaman:

Editor: Fitrah Ardiansyah - Periset PR

Tags

Komentar

Terkini

X