Raja-raja Nusantara Bersepakat Memperkuat NKRI

- 26 Desember 2017, 13:39 WIB
PARA pengurus Majelis Cendekiawan Keraton Nusantara (MCKN) Keraton Sumedang Larang (Kabupaten Sumedang) beserta 7 kabupaten/ kota lainnya di Jabar, secara resmi dilantik di Gedung Negara Pemkab Sumedang, Selasa 26 Desember 2017.*

SUMEDANG, (PR).- Para pengurus Majelis Cendekiawan Keraton Nusantara (MCKN) di 8 kabupaten dan kota di Jawa Barat dilantik, Selasa 26 Desember 2017. Acara digelar di Gedung Negara Pemkab Sumedang.

Delapan daerah keraton yang dilantik terdiri dari Keraton Sumedang Larang (Kabupaten Sumedang) yang menjadi tuan rumah, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Indramayu, Majalengka, Bogor, dan Kota Tasikmalaya. Pelantikan secara resmi dilakukan oleh Ketua MCKN Pusat, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dari Keraton Kesultanan Palembang Darussalam yang juga Ketua Umum Yayasan Raja Sultan Nusantara (Yarasutra).

Pembentukan MCKN kabupaten/kota di Jawa Barat itu sekaligus pengukuhan para pengurusnya. Hadir dalam acara itu Ketua MCKN Jabar Ully Sigar Rusady serta para sultan serta raja di Indonesia.

Menurut Ully Sigar Rusady, pembentukan MCKN 8 kabupaten/kota di Jabar bertujuan untuk melestarikan peradaban, nilai-nilai sejarah, budaya dan kearifan tradisional lainnya warisan para leluhur. Selain itu juga, untuk memberdayakan para cendekiawan dalam membangun bangsa dan negara, mulai dari perdesaan dan kabupaten/kota. Sebelumnya, banyak para cendekiawan yang belum memiliki wadah atau tempat untuk bersatu.

"Ini menjadi amanah yang mesti kami jalankan. Para pengurus MCKN kabupaten/kota di Jabar sangat percaya kepada kami. Mereka bersemangat untuk bersatu dan berkiprah bersama untuk membangun daerah Tatar Sunda. Kami berkiprah untuk maju," tuturnya. 

Selain memiliki program pelestarian nilai-nilai luhur sejarah dan budaya, MCKN juga ikut berpartisipasi menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Misalnya, menanam pohon serta penyelamatan sejumlah mata air yang nyaris punah.

Ia menambahkan, pembentukan wadah MCKN bukan untuk membentuk kekuatan sendiri, melainkan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahkan dalam program dan kegiatannya, MCKN ikut serta dalam kegiatan bela negara. 

Keraton Sumedang Larang

Panitia acara yang juga Ketua Nonoman Keraton Sumedang Larang, Luky Djoehari Soemawilaga, mengatakan bahwa para raja dan sultan di Indonesia sangat antusias mengikuti acara pelantikan itu.

"Para raja dan sultan termasuk MCKN dari kabupaten/kota lainnya di Jabar, menganggap Sumedang memiliki nilai-nilai sejarah dan budaya yang luhur. Sehingga, mereka antusias untuk mengikuti dan menyaksikan acara secara langsung," katanya.

Halaman:

Editor: Adang Jukardi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X