Minggu, 7 Juni 2020

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Cabai Naik

- 19 Desember 2017, 12:43 WIB
SATUAN Tugas Pangan Kabupaten Bogor melakukan inspeksi mendadak ke pasar tradisional dan agen gas di Kecamatan Cibinong, Selasa, 19 Desember 2017.*

CIBINONG, (PR).- Satuan Tugas Pangan Kabupaten Bogor melakukan inspeksi mendadak ke pasar tradisional dan agen gas di Kecamatan Cibinong, Selasa, 19 Desember 2017. Menurut pemantauan tim tersebut harga dan persediaan bahan pokok secara umum dianggap masih stabil meski ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor Dace Supriyadi menyebut kenaikan harga yang signifikan terjadi pada komoditas cabai rawit dan cabai merah besar. Harga cabai merah besar saat ini mencapai Rp 35 ribu per kilogram dari awalnya seharga Rp 25 ribu per kilogram. Sementara cabai rawit merah yang awalnya Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 34 ribu per kilogram.

"Tapi selebihnya harga kebutuhan pokok yang lain masih normal dan stabil," kata Dace menegaskan. Ia juga menjamin persediaan bahan kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama liburan Natal dan tahun baru masih mencukupi. Hal itu menurutnya ditunjang dengan suplai yang lancar.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga menurut Dace disebabkan oleh kondisi cuaca buruk seperti hujan lebat dan sebagainya. Faktor tersebut mengakibatkan kerusakan pada cabai dan sayuran lainnya selain juga menghambat distribusi barang dari produsen kepada para pedagang di pasar tradisional.

Persediaan gas elpiji

Meski Dace menjamin kestabilan harga tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor tetap mempersiapkan cara saat terjadi lonjakan harga secara tiba-tiba pada musim liburan kali ini. "Kalau harga naik kita akan operasi pasar. Kalau stoknya kekurangan, kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait seperti berkaitan dengan ayam dan daging itu kita nanti berkoordinasi dengan Dinas Peternakan," katanya.

Koordinasi juga dilakukan dengan aparat penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan negeri setempat. Tim yang tergabung dalam Satgas Pangan Kabupaten Bogor itu memastikan belum menemukan oknum pedagang yang melakukan penimbunan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat tersebut.

Setelah meninjau Pasar Cibinong, tim tersebut bergeser ke salah satu agen gas di Kelurahan Kayumanis, kecamatan yang sama. Petugas memastikan persediaan gas elpiji khususnya ukuran tiga kilogram dan 12 kilogram mencukupi kebutuhan hingga akhir tahun mendatang.

Kepala Polisi Resor Bogor Andi M Dicky Pastika meminta seluruh agen dan pangkalan gas elpiji tetap buka selama masa liburan. "Kalau barang-barang kebutuhan pokok ini tersedia selama liburan, masyarakat jadi tidak perlu panik dan melakukan belanja sekaligus," katanya seusai meninjau kedua lokasi tersebut.

Pihak Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas wilayah Bogor menyebutkan pasokan gas tiga kilogram bersubsidi untuk wilayah Kota dan Kabupaten Bogor ditambah selama Desember 2017 hingga 30 persen. Sekretaris Hiswana Migas setempat, Asep Erry menyebutkan penambahan di Kabupaten mencapai 987.200 tabung sedangkan Kota Bogor sebanyak 247.440 tabung.***

Halaman:

Editor: Hilmi Abdul Halim


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X