Cuaca di Gunung Gede Pangrango Membaik

- 3 Desember 2017, 14:14 WIB
SEJUMLAH pendaki di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, beberapa waktu lalu.*

CIBINONG, (PR).- Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) menutup akses pendakian ke Gunung Gede Pangrango mulai Desember 2017. Penutupan tersebut akibat cuaca buruk yang disebabkan siklon tropis dahlia di Jawa Barat.

Ronald, seorang prakirawan cuaca (forecaster) di Stasiun Metereologi Citeko Kabupaten Bogor menjelaskan bahwa siklon tropis dahlia saat ini terjadi di Samudera Hindia Barat Daya. "Lahirnya siklon dahlia berdampak pada peningkatan hujan lebat, tinggi gelombang, angin kencang maupun potensi kilat atau petir di wilayah Jawa Barat," katanya, Minggu 3 Desember 2017.

Keberadaan siklon tersebut, menurut Ronald, mendorong tiupan angin yang cukup kencang yakni lebih dari 20 knot atau 36 kilometer per jam. Tiupan angin itu terhalangi Gunung Gede Pangrango hingga membuatnya naik ke puncak gunung secara cepat.

"Udara lembap yang dipaksa naik ini akan berakibat pada perubahan suhu dan kelembapan relatif yaitu suhu menjadi dingin," kata Ronald. Kelembapan udara yang tinggi juga menyebabkan uap air jenuh dan terkondensasi menjadi awan lalu hujan lebat. Kondisi tersebut memburuk pada saat sore hingga malam hari.

Proses tersebut, menurut dia, adalah proses alamiah namun menjadi ekstrem akibat terpengaruhi siklon tropis dahlia. Pantauan Stasiun Metereologi Citeko, pergerakan siklon tersebut saat ini mulai menjauhi wilayah Indonesia menuju tenggara dengan kecepatan 7 knot.

Ronald memprakirakan, kondisi cuaca di kawasan Gunung Gede Pangrango membaik seiring pergerakan tersebut. Namun, pembukaan kembali jalur pendakian di sana tergantung keputusan pihak pengelola Taman Nasional. 

"Untuk kondisi seperti ini diperkirakan satu minggu ke depan masih terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang," katanya.

Cuaca segera membaik

Pantauan Stasiun Klimatologi Bogor memperkirakan, kondisi cuaca di Kecamatan Cisarua termasuk wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango akan membaik pada beberapa hari ke depan. 

Kepala Stasiun Klimatologi Bogor Boedi Suhardi mengakui kondisi curah hujan, kekuatan angin dan sebagainya cukup ekstrem pada akhir pekan lalu namun kondisinya terus membaik pekan ini.

Halaman:

Editor: Hilmi Abdul Halim


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X