Kapan Pendakian Gunung Gede Pangrango Dibuka Lagi? Ini Kata Pengelola

- 3 Desember 2017, 12:06 WIB

CIANJUR, (PR).- Tim dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) akan melakukan evaluasi jalur pendakian. Setelah ditutup selama empat hari, tim akan mengevaluasi jalur pendakian Gunung Gede Pangrango untuk mempertimbangkan kembali dibukanya area tersebut.

Kepala Bidang Teknis Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Mimi Murdiah, mengatakan bahwa tim akan mencoba melihat kondisi terkini di jalur pendakian karena selama dua hari ke belakang cuaca terbilang cukup cerah.

"Kami mau melihat setelah cuaca lebih baik sekarang, apakah memungkinkan untuk jalur kembali dibuka. Makanya kami juga mulai mengumpulkan keterangan dari berbagai pihak di sekitar lokasi," kata Mimi, Minggu 3 Desember 2017.

Menurut dia, cuaca yang lebih kondusif saat ini dinilai menjadi waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi dalam mempertimbangkan pembukaan jalur pendakian. Bahkan, dengan membaiknya cuaca beberapa hari ini, Wisata Cibeureum yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango pun sudah kembali dibuka.

Ultra trail dihentikan

Mimi mengungkapkan, sepekan terakhir, Kabupaten Cianjur berada dalam cuaca ekstrem. Berdasarkan pantauan petugas Balai TNGGP dan juga informasi dari pendaki gunung tersebut, cuaca di puncak gunung tergolong ekstrem dan membahayakan.

"Bahkan, kemarin event lari ultra trail yang diadakan di Gunung Gede Pangrango pun harus dihentikan. Harusnya ada beberapa kategori balapan, kalau tidak salah sampai 300 kilometer tapi akhirnya berhenti di 200 kilometer saja," katanya.

Menurut pengakuan peserta lomba yang mayoritas merupakan pelari nasional itu, kondisi Gunung Gede Pangrango dinilai tidak aman. Kebanyakan peserta tidak berani meneruskan perlombaan, karena cuaca di atas terlalu ekstrem.

Mimi menjelaskan, saat itu angin bertiup sangat kencang dan membuat peserta seolah melayang saat berlari. Oleh karena itu, lomba yang dilangsungkan sejak Senin 27 November 2017 dan rencananya selesai pada Sabtu 2 Desember 2017 itu pun diakhiri meski tidak sesuai target.

Halaman:

Editor: Shofira Hanan


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X