Ternyata Ini Awal Mula Garut Dijuluki Swiss van Java

- 2 Oktober 2017, 07:00 WIB
BERKAT peranan Thilly Weissenborn, fotografer perempuan dan pengelola studio foto Lux, keindahan alam Garut jadi dikenal di dunia internasional.*
BERKAT peranan Thilly Weissenborn, fotografer perempuan dan pengelola studio foto Lux, keindahan alam Garut jadi dikenal di dunia internasional.*

SWISS ialah negara di Eropa Tengah, yang berbatasan dengan Jerman, Prancis, Italia, Liechtenstein, dan Austria. Sedangkan Kabupaten Garut, merupakan wilayah seluas 3.074 kilometer persegi yang terdapat di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Lalu apa pasal, Garut memperoleh julukan Swiss van Java?

Negeri Swiss dikenal sebagai tempat wisata alam di negeri Eropa. Menjadi titik temu Pegunungan Alpen Barat dan Timur yang melewati Italia, Prancis, dan  Alpen Timur.

Karena pegunungan Alpen, Swiss menjadi negeri tujuan wisata alam terkenal di Eropa. Jenewa, adalah danau paling indah di dunia dan terbesar di Eropa. Danau Zurich, yang di sekelilingnya adalah kota Zurich, sebagai kota paling banyak dikunjungi karena perbukitan, hutan damai, desa indah.

Di Swiss pun dikenal gunung Matterhorn (4.478 mdpl), salah satu gunung paling terkenal di dunia. Gunung ini menarik para pendaki untuk mencapai puncaknya, dan semua pemandangan bisa dilihat dari atas gunung. Ini pun, dilansir dari eropa.panduanwisata.id menjadi daya tarik wisata alam.

Rupanya kemiripan bentang alam pegunungan Swiss dengan kabupaten Garoet—sebelumnya bernama Limbangan—membuat Garoet dipublikasikan ke dunia sebagai tempat wisata alam yang tak kalah indahnya dengan Swiss.  Hal itu dikupas dalam artikel SR Slamet, di rubrik Selisik Pikiran Rakyat, yang terbit Senin 2 Oktober 2017 ini.

Peran Thilly dalam "Swiss van Java"

Entah siapa yang pertama menjuluki Garoet sebagai “Swiss van Java”? Namun, popularitas Garoet sebagai tempat wisata di dunia, berkat peranan Thilly Weissenborn, fotografer perempuan. Ia juga mengelola studio foto Lux yang berlokasi di lantai atas N.V. Garoetsche Apotheek en Handelsonderneming, di Societeitstraat. Thilly, dikenal sebagai fotografer yang banyak melakukan pemotretan bukan saja di Garut, pulau Jawa, tetapi juga di luar Jawa (Sudarsono Katam, 2013:557).

Ia anak bungsu enam bersaudara pasangan Herman Weissenborn—pemilik perkebunan kopi di Kediri—dan Paula Roessner.Thilly yang lahir 22 Maret 1889, di usia 3 tahun sempat dibawa ke DenHaag oleh ibunya.

Halaman:

Editor: Administrator


Tags

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X