Ridwan Kamil: Saya Lapor Pak Jokowi, Tidak Ada di Republik Ini Wilayah Sehebat Seperti Rebana

- 21 Oktober 2021, 21:30 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. /Instagram.com/@ridwankamil

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menandatangani nota kesepahaman bersama para bupati di wilayah Jabar Selatan terkait kesepakatan pengembangan Jawa Barat Selatan pada West Java Investment Summit (WJIS) 2021 di Savoy Homann Hotel Bandung, Kamis 21 Oktober 2021.

Hal itu seiring dengan penyerahan Perpres 87/2021 tentang percepatan pembangunan di kawasan Rebana dan Jawa Barat bagian Selatan yang diserahkan secara resmi oleh Deputi Ekonomi Sekretariat Kabinet Satya Bhakti Parikesit pada Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Ridwan Kamil mengatakan sejak awal Presiden Jokowi menaruh perhatian khusus pada rencana pihaknya mengembangkan kawasan di pantai Utara dan Selatan Jawa Barat tersebut. 

“Kami mendapatkan komitmen lewat Perpres 87/2021 sekitar Rp400 triliun sampai 2024 akan digelontorkan untuk Rebana dan kesetaraan di Selatan. Ini komitmen tinggi pemerintah pusat, insyaallah lompatan ekonomi di Jabar akan luar biasa,” katanya.

Baca Juga: Janji-Janji Jokowi Selama 7 Tahun Pimpin Indonesia Dianggap Banyak yang Belum Terpenuhi

Khusus Rebana diyakinkan pihaknya sebagai kawasan di Indonesia yang paling siap dan memenuhi prasyarat pengembangan wilayah. 

“Saya lapor Pak Jokowi, menceritakan, tidak ada di Republik ini wilayah sehebat dan se-prospek seperti Rebana,” katanya

Menurutnya ditopang Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, dan dilengkapi urat nadi Tol Cipali juga kereta api, kawasan ini paling siap menampung investasi. 

Baca Juga: Sengkarut Kasus Azis Syamsuddin, Bupati Kutai Akui Pernah Diminta Buat Keterangan Palsu

Dari sisi lahan yang masih relatif murah, dan upah yang masuk ke kelompok menengah ke bawah, jika dibandingkan wilayah lain, Ridwan Kamil menilai Rebana lebih unggul.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X