Indonesia Bakal Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia, Mulai Dibuka 2023

- 18 Oktober 2021, 15:10 WIB
 Ilustrasi jembatan gantung.
Ilustrasi jembatan gantung. /Pixabay/Summa

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia akan memiliki jembatan gantung terpanjang di dunia, yang berlokasi di kaki Gunung Pangrango, Bogor, Jawa Barat.

Jembatan gantung tersebut digadang-gadang akan mengalahkan jembatan gantung kelas dunia seperti Arouca di Portugal sepanjang 516 meter, dan Carles Kuonen di Pegunungan Alpen Swiss sepanjang 490 meter. 

Hal ini demikian dikemukakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, usai peletakan batu pertama pembangunan kawasan ekowisata Eiger Adventure Land (EAL) di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu, 17 Oktober 2021.

Selain itu rencananya EAL sudah bisa dibuka untuk umum pada 2023 mendatang, dengan menghadirkan beberapa ikonik landmark, salah satunya adalah jembatan gantung tersebut.  

Baca Juga: 4 Tahun Mengaspal, Populasi Xpander Xpander Tembus 200.000 Unit di Indonesia

Kemudian, Sandiaga Uno juga menuturkan akan hadir pula kereta gantung sepanjang 836 meter. Tak hanya itu, beberapa fasilitas lain yang menitikberatkan pada kegiatan petualangan tropis.

Yakni seperti petualangan hutan, jalan-jalan budaya, permainan ruang terbuka, desa tradisional, tempat penginapan bernuansa alam, penangkaran, naik gunung, kemping, hingga jelajah nusantara.

Lebih lanjut, Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi semua pihak atas dilakukannya pembangunan tersebut.

Baca Juga: Media Hong Kong Sebut China Tercengang Melihat Indonesia Juara Thomas Cup 2020

Kedepannya diharapkan agenda ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jawa Barat dan Indonesia, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Jabarprov.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X