Minggu, 7 Juni 2020

Langgar Aturan Lalu Lintas Dihukum Baca Alquran

- 1 Juni 2017, 10:26 WIB
SALAH seorang petugas Satuan Lalu Lintas, Kamis, 1 Juni 2017 tengah menghentikan pengemudi karena tidak memakai helm. Kali ini, petugas tidak memberikan sanksi tilang. Polisi menyuruh pengemudi membaca surat pendek Alquran.*

RUSMANA (43), warga Selakaso, Desa Cikaret, Kecamatan Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi mengaku sangat terharu ketika terjaring razia Satlantas Polres Sukabumi Kota. Ia tidak ditilang, ia justru dihukum baca Alquran.

Rusmana terjaring razia karena pengendara roda dua ini tak mengenakan helm. Ia terpana ketika petugas tidak memberi sanksi tilang. Polisi malah menyuruhnya membaca surat pendek Alquran. 

“Terus terang sangat terharu ketika petugas lalu lintas menghukum  harus membaca ayat-ayat kitab suci Alquran. Tindakan yang dilakukan petugas sangat mengena, karena saya lalai tidak pakai helm,”  katanya.

Menurut Rusmana, pemberian sanksi seperti ini  jarang dilakukan petugas kepolisian. Baginya, hukuman ini tidak hanya memotivasi untuk taat berlalu-lintas, tapi juga mendorong untuk senantiasa ingat kepadaTuhan. Utamanya saat mengendari kendaraan.   

“Petugas telah mengingatkan saya untuk berdoa dan tertib berlalu lintas. Saya mendukung langkah yang dilakukan pihak kepolisian,” katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Mapolres Sukabumi Kota Agoeng Ramadhani mengatakan, pemberian sanksi kepada para pengendaran kendaran roda dua dan empat kali ini memang berbeda. Bertepatan dengan bulan Ramadan, para pelanggar lalu lintas yang beragama Islam diminta membaca ayat-ayat Alquran. Sanksi berbeda di bulan Ramadan kali ini juga sebagai syiar Islam dan menyemarakkan Ramadan.

“Sanksi diberikan kepada pelanggar ringan, karena tidak  membawa perlengkapan penting berkendaran. Termasuk tidak memakai helm,” katanya

Pelanggar berat tetap ditilang

Agoeng mengatakan, petugas juga memberikan nasihat keagamaan. Termasuk memberikan pertanyaan-pertanyaan yang Islami.

“Langkah ini diharapkan polisi lebih humanis sehingga pembinaan tertib berlalu lintas dibulan Ramadan dapat tercapai dengan baik,” katanya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rayadie


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X