Gua Batu Karang di Majalengka, Objek Wisata Baru untuk Penggila Selfie

- 21 Mei 2017, 07:21 WIB

ADA destinasi wisata alam baru di Majalengka yang tak kalah menarik dibanding wisata alam lainnya. Objek wisata tersebut adalah Gunung Batu Karang yang letaknya di Blok Pancurendang Landeuh, Kelurahan Babakanjawa, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka.

Objek wisata alam tersebut, menurut keterangan pengelolanya, Omo, baru dibuka sekitar empat bulan lalu setelah terilhami banyaknya objek wisata alam yang menyediakan panorama indah. Kini banyak wisatawan yang kembali ingin menikmati keindahan alam.

Di objek wisata batu karang itu terdapat gua di bawah bebatuan yang cukup besar. Konon, gua alam itu pernah digunakan sebagai tempat para pejuang kemerdekaan untuk mengatur strategi dan tempat berlindung dari hantaman tentara Jepang serta Belanda.

”Dulu, kabarnya pasukan yang dipimpin pahlawan perang dari Majalengka, Emen Slamet berlindung di gua tersebut dan mereka mengatur strategi perangnya di sana,” ujar Emis, salah salah seorang warga sekitar.

Gua tersebut punya panjang kurang lebih 30 meter, membentang dari timur ke barat. Di beberapa titik gua, luasnya cukup untuk berdiri. Ada pula area terbuka sehingga bisa pengunjung bisa melihat ke atas. Sementara di bagian lainnya terdapat area yang sempit dan pengunjung pun harus merangkak melewatinya.

Bagi yang kondisi fisiknya lemah, memasuki gua tersebut akan terasa cukup melelahkan karena di beberapa tempat harus naik turun meniti tangga dan merangkak, atau sesekali melompat dari batu ke batu lainnya.

Akan tetapi, pengunjung tak perlu takut untuk masuk karena di sana, pengelola menyediakan pemandu yang selain bertugas menjaga keselamatan juga memawa lampu penerangan karena ada beberapa tempat di dalam gua yang sangat gelap.

Setelah keluar dari gua, pengunjung bisa menikmati keindahan alam di Kadipaten dan Jatiwangi. Kelokan sungai Cimanuk, serta Cilutung tampak jelas terlihat dari ketinggian bukit batu karang tersebut. di sisi barat, tampak pemukiman warga Sumedang yang ada di kaki bukit serta tengah bukit. Sejumlah alur sungai juga terlihat terlihat jelas. Di sisi selatan, bukit-bukit hijau berjejer.

Halaman:

Editor: Tati Purnawati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network