417 Penghafal Alquran di Cirebon Pecahkan Rekor Nasional

- 8 Mei 2017, 14:11 WIB

SUMBER, (PR).- Sebanyak 417 hafiz atau penghafal Alquran di Kabupaten Cirebon mengkhatamkan Alquran secara masal pada Senin 8 Mei 2017. Mereka merupakan para santri dan alumni Pesantren Darul Quran, Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan mengkhatamkan Alquran dalam satu tempat dan waktu bersamaan ini berhasil memecahkan rekor nasional di Original Rekor Indonesia (ORI). Rekor sebelumnya yang tercatat adalah sebanyak 300 orang hafiz.

Menurut Presiden ORI, Agung Elvianto, kegiatan yang dilakukan 417 hafidz di Kabupaten Cirebon ini memecahkan rekor ORI pada kategori unik.

"Kegiatan ini telah memecahkan rekor nasional. Rekor lama yakni dengan jumlah 300 orang penghafal Alquran," kata Agung seusai menyerahkan sertifikat pencetakan rekor nasional kepada Pengasuh Pesantren Darul Quran, KH Aminuddin.

Agung menjelaskan, rekor di ORI terbagi menjadi tiga kategori, yakni kategori unik, prestasi diri, dan kolosal. "Untuk yang sekarang ini termasuknya dalam kategori unik. Karena banyaknya penghafal yang mengkhatamkan dalam satu waktu dan tempat merupakan sesuatu yang unik," kata Agung.

Motivasi hafal Alquran

Agung melanjutkan, dengan telah diberikannya penghargaan rekor nasional kepada Pesantren Darul Quran, diharapkan ke depan semakin banyak lagi penghafal-penghafal Alquran. Tak hanya di Pesantren Darul Quran Kabupaten Cirebon, namun juga di pesantren-pesantren lainnya.

Sementara itu, Pengasuh Pesantren Darul Quran, KH Aminuddin mengungkapkan, untuk bisa mencetak rekor nasional, pihaknya melakukan persiapan selama tiga bulan.

"Alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik," ujar Aminuddin.

Ia melanjutkan, melalui kegiatan pengkhataman yang dibaca ratusan hafiz tersebut, diharapkan semuanya mendapatkan keberkahan. Selain itu, juga bisa membawa kebaikan di akhirat kelak.

Halaman:

Editor: Ani Nunung Aryani


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X