Kuncen Ungkap Misteri Gunung Guntur hingga 3 Pantangan yang Tak Boleh Dilanggar Pendaki

- 26 September 2021, 23:10 WIB
Gunung Guntur di Garut dilihat dari wilayah Ngampang.
Gunung Guntur di Garut dilihat dari wilayah Ngampang. /Pikiran Rakyat/Usep Romli

PIKIRAN RAKYAT - Bagi para pendaki yang tertarik untuk melakukan pendakian di Gunung Guntur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari hal yang tak diharapkan.

Hal yang harus diperhatikan di antaranya adanya sejumlah pantangan yang tak boleh dilakukan saat berada di kawasan Gunung Guntur.

Adanya sejumlah pantangan yang tak boleh dilakukan ketika sedang berada di kawasan Gunung Guntur, diungkapkan kuncen Gunung Guntur, Ade Leji (55) orang pertama yang menemukan Muhammad Gibran Arrasyid setelah dilaporkan hilang selama enam hari.

Menurutnya, setidaknya ada tiga hal yang pantang dilakukan oleh para pendaki Gunung Guntur jika ingin pendakiannya berjalan lancar, tanpa gangguan apa pun.

Baca Juga: Cerita Anggota Tim SAR yang Temukan Gibran di Gunung Guntur, Ungkap Sosok yang Menemukan Pertama Kali

Tiga pantangan tersebut, kata Ade, pertama pendaki Gunung Guntur tidak boleh bersiul,  kedua pendaki tidak boleh meniup suling, dan ketiga jangan sekali-kali menanyakan jalan.

"Bersiul, meniup suling, dan menanyakan jalan menjadi pantangan yang benar-benar tak boleh dilakukan oleh pendaki Gunung Guntur. Jika pantangan ini dilanggar, apa lagi secara sengaja karena ingin membuktikan kebenarannya, maka akan ada sesuatu kejadian yang tak diharapkan terjadi pada pendaki," kata Ade.

Ia pun mengingatkan, selain tiga pantangan tersebut, pendaki juga disarankan untuk tidak mendatangi beberapa tempat yang ada di kawasan Gunung

Guntur. Salah satu tempat yang tak boleh didatangi di kawasan Gunung Guntur yakni Curug Sawer.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X