Kali Busa Bekasi Dikepung Sampah hingga 200 Meter, Pembersihan Butuh Berhari-hari

- 10 September 2021, 14:08 WIB
Pengangkutan sampah di Kali Busa Kabupaten Bekasi.
Pengangkutan sampah di Kali Busa Kabupaten Bekasi. /Pikiran Rakyat/Tommi Andryandy

PIKIRAN RAKYAT - Puluhan ton sampah yang menutupi sungai di Kali Busa, Kabupaten Bekasi diangkut. Sejumlah alat berat dikerahkan untuk mengangkut sampah yang mayoritas berbahan plastik itu.

Pengangkutan dilakukan sedikitnya 30 personel UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah 2 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Jumat 10 September 2021.

“Perkiraan kami ada 50 ton sampah yang menutupi sungai ini. Jadi per hari ini sampai sekira tiga hari ke depan kami angkut semuanya, dibawa ke TPA Burangkeng,” kata Kepala UPTD Sumardi.

Puluhan ton sampah itu telah menutupi sungai sejak beberapa hari terakhir. Sampah yang terdiri atas bekas kemasan makanan, bekas kemasan sabun, dan sampah berbahan plastik lainnya itu menutupi sungai hingga sepanjang 200 meter.

Baca Juga: Cek Fakta: Anies Baswedan Dikabarkan Kena Bogem Mentah Luhut Pandjaitan Usai Kasus Holywings, Simak Faktanya

Mulai pagi, sedikitnya 30 personel Tim Biawak bekerja mengangkut sampah secara manual. Selain itu, terdapat pula sejumlah unit alat berat yang turut dikerahkan.

Mereka juga mendorong sampah ke titik tepat di dekat jembatan agar mudah diangkut alat berat.

“Karena ini pakai backhoe long arm, jadi harus didorong dulu ke dekat jembatan. Soalnya tanah di pinggir kali rapuh dan tangan alar berat tidak menjangkau ke semua lokasi,” katanya.

Selain di Kali Busa, tumpukan sampah yang menutupi Kali Jambe turut diangkut. Untuk itu, diterjunkan 10 truk bak berukuran besar.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X