Ridwan Kamil Sebut Jawa Barat Tak Hanya Berperang Lawan Covid-19, Ada Penyakit Lain

- 6 Agustus 2021, 14:15 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. /Instagram.com/@ridwankamil

PIKIRANRAKYAT - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, selain berperang melawan Covid-19, pihaknya berperang melawan penyakit lain yang luput dari perhatian. Di antaranya penyakit demam berdarah dengue (DBD). 

Pemda Provinsi Jawa Barat lakukan kesiapsiagaan logistik, surat edaran, penyuluhan termasuk bimtek ke puskesmas.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Jawa Barat M Yudi Koharudin mengatakan, antisipasi pencegahan DBD di masa pandemi lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat dengan mengaktifkan kembali PSN 3M Plus melalui Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik. 

Artinya setiap rumah memiliki juru pemantau jentik yang bertugas memastikan tidak ada jentik dan nyamuk di dalam dan luar rumah. 

Baca Juga: Terkait Seleksi Anggota BPK, MAKI Ancam Gugat Puan Maharani

“Gerakan ini mengecek jentik nyamuk secara berkala minimal satu minggu sekali di sekitar rumah misalnya membersihkan tempat yang berpotensi menjadi sarang pembiakan nyamuk seperti penampungan air, vas bunga, penampungan dispenser, talang air, torn, ban bekas, botol bekas, barang bekas yang bisa menampung air dan lainnya,” ujar Yudi, Jumat 6 Agustus 2021. 

"Dengan adanya jumantik di rumah warga dapat mengurangi kasus DBD karena kasus DBD ini pengendaliannya harus berawal dari vektornya yaitu jentik nyamuk,"ujar Yudi menambahkan.

Adapun untuk penanganannya adalah dengan meningkatkan kewaspadaan DBD kepada warga mengenai gejala klinis khas DBD misalnya demam, lemas, sakit kepala,  agar segera memeriksakan diri ke dokter sehingga penyakit DBD dapat tertangani sejak dini. 

Disamping itu perlu meyakinkan ke masyarakat untuk tidak takut berobat ke fasilitas kesehatan walaupun di masa pandemi.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X