Satu TKW Karawang yang Terpapar Virus Corona B117 Inggris Kini Berada di Brebes Jawa Tengah

- 4 Maret 2021, 13:15 WIB
Ilustrasi Corona B117. /Pixabay/TheDigitalArtist

PIKIRAN RAKYAT - Satu dari dua tenaga kerja wanita (TKW) Karawang yang terpapar virus Corona B117 varian Inggris, dipastikan sudah ada di Brebes, Jawa Tengah. TKW berinisial A itu sebelumnya memang sempat singgah di kampung halaman suaminya, Kecamatan Pedes Karawang.

"Aslinya dia memang orang Brebes, tapi punya suami orang Pedes. Saat diperbolehkan pulang dari Wisma Pademangan, dia menyempatkan singgah ke Pedes, sekira 30 menit," ujar Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan Karawang, dr Nanik Djojana, Kamis 4 Maret 2021.

Menurutnya, kepergian TKW A ke Brebes luput dari perhatiannya karena tiba di Pedes pada malam hari dan hanya singgah sebentar. Namun demikian perpindahan lokasi TKW itu sudah dilaporkan Dinkes Karawang kepada Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid-19 Jawa Tengah

Sementara ini, lanjut Nanik, pihak Dinkes Karawang fokus pada pelacakan dan pemeriksaan terhadap keluarga dua TKW A dan M. 

Baca Juga: Aset Berharga Tersangka Korupsi Asabri Disita, Kejagung Amankan Ribuan Hektare Tambang Nikel

Baca Juga: BNPB: Setiap Hari Ada 9 Bencana di Indonesia

"TKW M yang sudah ada di kampung halamannya di Lemahabang beserta keluarganya dalam pemantauan kami. Sedangkan TKW A dipantau oleh Satgas Jateng," kata Nanik.

Dijelaskan, TKW A tiba di Indonesia dari Arab Saudi menggunakan pesawat Garuda Indonesia, tanggal 31 Januari 2021. Sementara TKW M tiba dengan pesawat Qatar Air Lines, 28 Januari 2021.

Saat tiba di Bandara Soetta, di pesawat Qatar ditemukan 3 penumpang 3  positif Covid-19, satu di antaranya varian baru asal Inggris Corona B117. Lantas yang dari Garuda Indonesia itu ada 4 positif, 2 dari Karawang dan satu terpapar Corona B117.

Baca Juga: Jabat Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan, Effendi Gazali Beberkan Kemampuan dan Tanggung Jawabnya

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X