Ada 10 Makam Pelaut Jerman Era Nazi di Kaki Gunung Pangrango, Simak Kisah di Baliknya

- 6 Maret 2021, 08:09 WIB
Suasana Permakaman Jerman di Desa Sukaresmi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu, 28 Februari 2021. /Pikiran-rakyat.com/Bambang Arifianto

PIKIRAN RAKYAT - Deretan 10 pusara  di kaki Gunung Pangrango tersebut menyimpan kisah para pelaut Jerman yang gugur di Indonesia puluhan tahun lalu. 

Berlokasi di area situs keramat Arca Domas di Desa Sukaresmi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, pusara-pusara tersebut masih terawat. 

Lalu bagaimana bisa ada makam serdadu Jerman di Indonesia kala era Reich Ketiga atau Nazi tengah berkuasa, Pikiran Rakyat menelusurinya, Minggu, 28 Februari 2021.

Tugu putih yang menjulang selepas pintu masuk kompleks permakaman berhawa sejuk tersebut sudah menjadi petunjuk awal sejarah deretan pusara-pusara di dalamnya. 

 Baca Juga: Positif Benzo, Polisi Sebut Millen Cyrus Masih Rawat Jalan dan Akan Diserahkan ke BNN

Baca Juga: Soal Aturan Usia Kendaraan Maksimal 10 Tahun di Jakarta, DPD RI: Harus Dilandasi Rasa Keadilan Sosial

"Deutscher Soldatenfriedhof, Tugu Peringatan untuk menghormati prajurit Jerman yang telah gugur," demikian tulisan pada tugu itu. 

Tulisan lain pada tugu juga berisi permohonan dari Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Jakarta agar tempat tersebut dijaga kebersihan. 

 Tak jauh dari tugu, deretan pusara yang mengapit satu jalur setapak bertabur batu kecil sudah terlihat. 

 Baca Juga: Dapat Potongan Rp13 Juta, Harga Toyota Avanza Kini Dijual Mulai Rp168 Juta

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X