Upaya Pencegahan Banjir, Wali Kota Depok Targetkan Buat 100.000 Lubang Biopori

- 28 Februari 2021, 13:41 WIB
Ilustrasi banjir. /Pixabay/Hans Braxmeier

PIKIRAN RAKYAT - Meski banjir telah surut, namun Pemerintah Kota Depok terus berupaya melakukan pencegahan agar banjir di wilayah tersebut dapat diminimalisir.

Beberapa hari yang lalu, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok bergerak cepat guna memperbaiki turap kali, dan longsor di wilayahnya, untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor susulan saat hujan turun.

Tak hanya itu, sebagai langkah mencegah banjir, Wali Kota Depok Provinsi Jawa Barat Mohammad Idris menargetkan akan membuat 100.000 lubang biopori untuk meminimalisasi terjadinya banjir di sejumlah titik di wilayah tersebut.

"Saya telah memberikan instruksi kepada dinas-dinas, camat dan lurah untuk membuat 100.000 lubang biopori di wilayahnya masing-masing terkait minimalisasi titik banjir," kata Idris di Depok, Sabtu, 27 Februari 2021.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, PT KAI Tambah Layanan Tes GeNose C19 di Empat Stasiun

Baca Juga: Saan Mustopa Sebut DPR RI Bakal Percepat Pembentukan DOB di Jabar Selatan

Dalam upaya ini, ia mengatakan dirinya tidak membatasi program kerja 100 hari, mungkin boleh dikatakan kerja-kerja yang relatif cepat seperti 100.000 lubang biopori.

"Ini sangat penting karena evaluasi kami di lapangan masih ada beberapa titik genangan air yang ketika hujan turun menggenangi jalan dan pemukiman warga," kata Idris, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Antara.

Selain untuk memotivasi masyarakat, pihaknya akan melombakan pembuatan lubang biopori bagi masyarakat di 63 kelurahan, terlebih bagi mereka yang memiliki lahan luas dan membuat resapan air di halaman rumah.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia

Sumber: Antara


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X