Filosofi Opor Ayam Kuning Saat Cap Go Meh, agar Manusia Jauh dari Iri dan Dengki

- 26 Februari 2021, 19:13 WIB
Seorang anak tengah bersembahyang di Vihara Hok Tek Tjeng Sin atau Vihara Pemancar Keselamatan di Majalengka pada perayaan Cap Go Meh, Jumat, 26 Februari 2021. /Kabar Cirebon/Tati Purnawati

PIKIRAN RAKYAT - Suasana perayaan Cap Go Meh di Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin atau Vihara Pemancar Keselamatan di Majalengka tak begitu ramai akibat pandemi, umat Buddha yang biasa sembahyang di Vihara tersebut banyak yang tidak pulang kampung.

Suasana kelenteng sangat hening, namun cukup asri dan bersih, nyaris tidak ada debu di lantau ataupun dinding dan tempat sembahyang, sehingga orang yang bersembahyang bisa khusu.

Umat Budha di Majalengka sendiri kini tinggal beberapa orang, karena sebagian besar tinggal di luar kota seperti Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya dan sejumlah kota lainnya yang baru pulang saat perayaan Imlek atau Cap Go Meh

Sayangnya tahun ini terhalang pandemi sehingga semua nyaris tak bisa pulang kampung ke Majalengka.

 Baca Juga: Susul Aerox dan Gear 125, Yamaha Luncurkan Warna Baru Nmax 155

Baca Juga: Pelantikan Berjalan Lancar, Ridwan Kamil Ingatkan Integritas 5 Kepala Daerah di Jawa Barat Tidak Jebol

Namun demikian sejumlah umat kristiani dan umat muslim datang berkunjung ke Vihara untuk bersilaturahmi sekaligus untuk menyampaikan ucapan selamat atas perayaan Cap Go Meh kepada umat Budha yang tengah merayakan agamanya.

Pengurus Vihara Edhy Subarhi dan istrinya Neneng yang berada di Vihara menyambut setiap tamu yang datang ke Vihara dan langsung mempersilahkan setiap tamu untuk menikmati makanan dan masakan khas Cap Go Meh yang sengaja disiapkan oleh Neneng.

Makanan khas Cap Go Meh seperti lontong, opor ayam kuning, telur bulat, oreg tempe dan pasak mie  tersedia cukup banyak, setiap tamu yang datang dipersilahkan untuk menikmati “Lontong cap go meh” yang tesredia di meja.  

Baca Juga: Resep Lontong Cap Go Meh yang Mudah, Simak Yuk

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X