Hujan Deras Mengguyur Ciawi Tasikmalaya,  Banjir dan Longsor Terjang Tiga Desa

- 25 November 2020, 21:24 WIB
Banjir dan longsor di Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, Rabu. /Pikiran-rakyat.com/Asep MS

PIKIRAN RAKYAT - Intensitas hujan di wilayah Ciawi Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya yang cukup tinggi selama tiga jam, Rabu, 25 November 2020, mengakibatkan sejumlah titik di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, dilanda banjir dan longsor.

Berdasarkan pantauan di lapangan, banjir dan longsor terjadi di beberapa titik yakni di Desa Ciawi, Pakemitan Kidul dan Sukamantri. Adapun longsor terjadi di Desa Bugel dan menutup jalan.

Banjir terjadi di Kampung Nampong, Desa Ciawi merendam jalan dan pemukiman setinggi 80 sentimeter. 

Baca Juga: Kabupatennya Zona Merah Covid -19, Kota Tasikmalaya Perketat Izin Keramaian

Sedangkan di Kampung Karangasem, Desa Pakemitan Kidul, air meluap dari parit dan gorong-gorong yang mampet. Ketinggian air pun mencapai 50 centimeter dan merendam sekitar 10 rumah.

Rata-rata banjir terjadi akibat kiriman dari sungai yang meluap. Akibatnya, air merendam sejumlah pemukiman, jalan dan fasilitas umum. Bahkan arus lalu lintas di sejumlah titik sempat tersendat, bahkan sejumlah kendaraan mati mesin akibat terendam air

Kapolsek Ciawi, Kompol. Dies Ratmono mengatakan, banjir yang terjadi di Kecamatan Ciawi dan sekitarnya juga merendam beberapa bagian bangunan SMP Negeri 1 Ciawi yang disebabkan  luapan sungai Cikuya. Sebagian ruang kelas  SMPN 1 Ciawi terendam air.

Baca Juga: Mengaku Tidak Dibayar, Komedian Dave Chappelle Minta Netflix Hapus Acara 'Chappelle's Show'

Selain banjir kata dia, hujan deras juga menyebabkan longsor di dua titik yakni di Kampung Cipondoh, Desa Margasari dan Kampung Cipulus, Desa Bugel. 

Material longsoran menutup ruas jalan. Untuk material longsor yang di Desa Margasari, sudah dibersihkan oleh anggota TNI-Polri yang bersama-sama dengan warga.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X