Pikiran Rakyat
USD Jual 14.039,00 Beli 14.137,00 | Hujan petir singkat, 22 ° C

200 Desa di Garut Tawarkan Beragam Keindahan untuk Wisatawan

Tim Pikiran Rakyat
FOTO ilustrasi turis tertarik dengan suasana desa wisata.*/ANTARA
FOTO ilustrasi turis tertarik dengan suasana desa wisata.*/ANTARA

GARUT, (PR).- Keindahan alam yang terdapat di Kabupaten Garut banyak diminati para wisatawan baik lokal maupun internasional. Keindahan alam yang ada di Garut tersebar hampir di seluruh wilayah sehingga banyak sekali tempat yang layak dijadikan destinasi wisata.

Bupati Garut, Rudy Gunawan menyebutkan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kunjungan wiswatawan ke Garut. Salah satu caranya dengan mempersiapkan sejumlah tempat untuk dijadikan destinasi wisata baru.

Dikatakan Rudy, saat ini dirinya telah memepersiapkan sedikitnya 200 desa untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata. Ke-200 desa itu tersebar di sejumlah kecamatan mulai dari yang berada di wilayah utara, tengah, hingga selatan.

"Pengembangan objek wisata yang ada di desa ini diharapkan bisa memeberikan kesejahteraan terhadap masyarakat desa," ujar Rudy, Selasa Oktober 2019.

Menurutnya, desa yang akan dikembangkan menjadi destinasi wisata itu tak hanya yang memiliki keindahan alam. Tak sedikit pula desa yang akan dikembangkan menjadi destinasi wisata karena potensi pertaniannya yang juga bisa menjadi tujuan wisata.

Kebun binatang

Rudy melihat Kabupaten Garut memiliki potensi pariwisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Oleh karenanya perlu dilakukan pengembangan yang tentunya memerlukan perhatian dari pemerintah.

"Kita sudah data dan di Garut ini terdapat 200 desa wisata yang memiliki beragam wisata yang menarik.  Tak hanya wisata alam yang menyuguhkan keindahan dan kesejukan tapi ada juga objek wisata buatan seperti kebun binatang di Cikembulan, Kecamatan Kadungora yang potensinya juga sangat besar," katanya.

Disampaikan Rudy, bentuk perhatian pemerintah dalam mendukung pengembangan desa wisata yaitu dengan memperbaiki infrastruktur jalan dan penunjang lainnya untuk kenyamanan wisatawan. Untuk itu, Pemkab Garut telah menyiapkan anggaran yang sudah siap direalisasikan.

Diungkapkannya, anggaran yang akan segera direalisasikan untuk pengembangan objek wisata di Garut di antaranya untuk perbaikan infrastruktur jalan menuju objek wisata Taman Satwa Cikembulan. Selain jalan, pemerintah juga akan membantu membangun infrastruktur lainnya berupa lahan parkir yang saat ini masih terbatas.

"Dana yang kita siapkan sebesar Rp 3 miliar untuk perbaikan jalan dan tempat parkirnya supaya lebih bagus sehingga membuat para wisatawan lebih nyaman lagi. Anggarannya nanti di tahun 2020," ucap Rudy kepada wartawan Kabar Priangan, Aep Hendy.***

Bagikan: