Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Langit umumnya cerah, 23.4 ° C

Dana CSR di Bekasi untuk Bangun Jembatan Penyeberangan Orang

Riesty Yusnilaningsih
KENDARAAN melintas di bawah jembatan penyeberangan orang yang tengah dibangun di Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi. Pemkot Bekasi memanfaatkan dana CSR perusahaan untuk membiayai pembangunan JPO. */ RIESTY YUSNILANINGSIH/"PR")***
KENDARAAN melintas di bawah jembatan penyeberangan orang yang tengah dibangun di Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi. Pemkot Bekasi memanfaatkan dana CSR perusahaan untuk membiayai pembangunan JPO. */ RIESTY YUSNILANINGSIH/"PR")***

BEKASI, (PR).- Pemerintah Kota Bekasi berencana memanfaatkan dana pertanggungjawaban sosial perusahaan yang berdomisili di Kota Bekasi untuk membangun lima titik jembatan penyeberangan orang.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi Widayat Subroto menyebutkan lima titik JPO yang rencananya akan dibangun berlokasi di Jalan Ahmad Yani Bekasi Selatan, dua titik di Jalan Transyogi-Cibubur Jatisampurna, Jalan Pekayon-Pondok Gede Jatiasih, serta di depan Stasiun Bekasi Jalan Ir. H. Juanda Bekasi Timur.

"Saat ini baru satu JPO yang tengah dalam pembangunan yakni di Jalan Ahmad Yani dekat kantor Wali Kota Bekasi, dan tersambung ke area kompleks olah raga GOR Bekasi dan Stadion Patriot Candrabhaga," kata Widayat, Minggu 20 Oktober 2019.

Pemilihan titik JPO tambahan di Jalan Ahmad Yani ini tidak terlepas dari tingginya frekuensi lalu lalang perlintasan pegawai yang berkantor di Kompleks Kantor Wali Kota Bekasi tapi memarkirkan kendaraannya di area GOR Bekasi dan Stadion Patriot Candrabhaga.

JPO baru di Jalan Ahmad Yani ini akan didesain menarik dengan mengacu pada JPO Gelora Bung Karno yang mencuri perhatian karena tampilannya yang kekinian sehingga menjadi spot favorit saat ini.

"Nantinya memang mirip dengan JPO GBK Jakarta, terutama ornamen yang melingkari badan jembatan dan pemasangan lampu hias yang menyala di malam hari, tapi tetap akan ada ciri khas Bekasi yang turut dihadirkan," katanya.

JPO di Jalan Ahmad Yani ini ditargetkan bisa dirampungkan pengerjaannya akhir Oktober 2019. Adapun JPO di empat titik lain, disiapkan agar bisa mulai dikerjakan tahun depan.

Menurut Widayat, pembangunan JPO akan disesuaikan dengan ruang yang tersedia. Pihaknya masih berupaya menyediakan lahan, seperti untuk rencana pembangunan JPO di depan Stasiun Bekasi. Selain itu, pemilihan lokasi pun akan disesuakan dengan pedestrian yang telah terbangun.

“Karena kita pakai lahan yang ada, jangan sampai mengganggu pedestrian yang sudah terbangun lebih dulu. Sementara di Stasiun Bekasi, kami berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia karena lokasinya dekat lahan mereka,” katanya.***

Sementara itu Kepala Dinas BMSDA Arief Maulana menambahkan, pembangunan JPO tersebut bertujuan meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Selain itu, diharapkan dengan adanya JPO arus lalu lintas pun bisa lebih lancar.

“Jadi laju kendaraan tidak terganggu orang yang menyeberang di titik keramaian,” katanya.***

Bagikan: