Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sedikit awan, 20.5 ° C

Polres Garut Mulai Berlakukan Penggunaan Smart SIM

Tim Pikiran Rakyat
ARUL (26), pemohon SIM dari Tarogong Kaler, menunjukan smart SIM yang saat ini penggunaannya mulai diberlakukan di Kabupaten Garut.*/AEP HENDY/KABAR PRIANGAN
ARUL (26), pemohon SIM dari Tarogong Kaler, menunjukan smart SIM yang saat ini penggunaannya mulai diberlakukan di Kabupaten Garut.*/AEP HENDY/KABAR PRIANGAN

GARUT, (PR).- Para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kabupaten Garut saat ini patut berbahagia. Hal ini dikarenakan mereka sudah bisa mendapatkan smart SIM yang banyak manfaatnya.

"Sudah sejak Sabtu pekan lalu kami mulai memberlakukan penggunaan smart SIM. Kini setiap pemohon SIM sudah bisa mendapatkan smart SIM yang baru," ujar Kanitregiden Satlantas Polres Garut, Iptu Aceng Jaenudin didampingi Bintara Urusan (Baur) SIM Polres Garut, Aiptu Tata Setiawan, Kamis 17 Oktober 2019.

Dikatakan Aceng, minat warga Garut untuk menggunakan smart SIM cukup tinggi. Bahkan sudah sejak beberapa bulan terakhir sudah banyak masyarakat yang menanyakan dan mengajukan smart SIM. 

Namun keinginan warga untuk mendapatkan smart SIM ini, tuturnya, baru bisa mulai dilaksanakan mulai pekan lalu. Hal ini dikarenakan pihaknya baru mendapatkan kiriman material smart SIM dari Polda Jabar sekitar sepekan yang lalu.

Aceng menyebutkan, sangat wajar jika banyak warga yang menginginkan agar bisa menggunakan smart SIM. Hal ini dikaraenakan banyak kelebihan dari smart SIM jika dibandingkan dengan SIM biasa.

"Keunggulan smart SIM antara lain bisa digunakan sebagai kartu pembayaran elektronik mulai dari membayar tol dan berbelanja di sejumlah gerai," katanya.

Menurut Aceng, sama seperti kartu elektronik lainnya, saldo di smart SIM juga terbatas dan maksimalnya hanya sampai Rp 2 juta. Namun untuk sementara ini smart SIM belum bisa dipakai jadi uang elektronik karena baik Polri maupun Bank Indonesia masih belum menentukan bank yang akan bekerja sama.

Lebih kuat

Disampaikannya, selain itu kelebihan lain dari smart SIM juga terdapat di kualitas bahannya yang lebih kuat dibanding bahan SIM yang lama. Smart SIM juga sudah dilaminasi sehingga bisa lebih awet digunakan.

"Tak hanya itu, dilihat dari segi tampilannya pun lebih simpel. Smart SIM ini juga bisa terkoneksi dengan data eKTP dan nantinya semua data lalu lintas akan tersimpan di smart SIM," ucap Aceng.

Mulai diberlakukannya smart SIM di Garut ini disambut antusias warga pemohon SIM. Mereka mengaku beruntung karena bisa memiliki smart SIM yang tetu kegunaannya lebi banyak dari sekadar SIM biasa.

"Ini sebuah terobosan yang sangat bagus dari Kepolisian. SIM yang saya miliki ini fungsinya jauh lebih banyak dan ini tentu sangat membantu," komentar Arul (26), pemohon SIM dari Tarogong Kaler.

Arul juga melihat terobosan Polri dengan mengeluarkan smart SIM ini juga bisa semakin meningkatkan minat warga untuk memiliki SIM. Hal ini dikarenakan bukan hanya tampilan SIM-nya saja yang keren tapi juga manfaatnya yang banyak termasuk bisa digunakan sebagai kartu pembayaran elektronik seperti pembayaran tol serta berbelanja.

"Kelihatannya bahannnya juga lebih kuat dibanding SIM yang dulu. Saya sudah beberapa kali membuat SIM tapi bahannya kurang bagus sehingga gampang rusak dan kusam. Namun smart SIM ini nampaknya lebih kuat," kata Arul kepada wartawan Kabar Priangan, Aep Hendy.***   
 

Bagikan: