Pikiran Rakyat
USD Jual 14.034,00 Beli 14.132,00 | Berawan, 20.4 ° C

Sulitnya Membersihkan Sampah Bambu di Bendung Koja Bekasi

Riesty Yusnilaningsih
RIESTY YUSNILANINGSIH/PR
RIESTY YUSNILANINGSIH/PR

BEKASI, (PR).- Ketua Komunitas Peduli Cikeas-Cileungsi, Puarman mengatakan bahwa hingga hari kedua aksi bersih-bersih, personel gabungan masih kesulitan membongkar sampah bambu dan pohon yang terkunci melintang di aliran sungai.

"Fokus kami untuk membuka 'kuncian' di ujung ini supaya sampah bambu bisa digelontorkan ke hilir," katanya, Rabu 16 Oktober 2019.

Namun upaya petugas gabungan yang juga telah menggunakan alat berat belum juga membuahkan hasil. Dengan demikian sampah bambu dan pohon pun masih tersumbat dan belum bisa digelontorkan.

"Ternyata tidak hanya di permukaan, tapi hingga ke dasarnya pun ada batang-batang pohon berdiameter besar selain bambu yang menyumbat, jadi memang perlu usaha dan waktu ekstra untuk memindahkannya," katanya.

Pada hari kedua ini, tim gabungan berhasil mengevakuasi 20 batang pohon besar serta sampah bambu yang mencapai empat truk. Aksi bersih-bersih masih akan berlanjut hingga sampah kayu dan bambu ini terbongkar dan bisa digelontorkan.

"Sampah bambu yang digelontorkan nanti akan diangkut di titik sekitar hulu Kali Bekasi atau bantaran perumahan Kemang Pratama," ucapnya.***

Bagikan: