Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Sedikit awan, 23.1 ° C

Pantai Selatan Bahaya, Gelombang Tinggi Bisa Tiba-tiba Muncul

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI nelayan menghadapi gelombang tinggi.*/DOK. PR
ILUSTRASI nelayan menghadapi gelombang tinggi.*/DOK. PR

GARUT, (PR).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut meminta para nelayan di pantai selatan Garut untuk selalau berhati-hati dan waspada. Hal ini menyusul situasi membahayakan akibat kondisi gelombang yang sewaktu-waktu bisa berubah besar.

"Kemungkinan gelombang tiba-tiba menjadi besar sangat tinggi di seluruh pantai selatan Garut. Oleh karenanya kami meminta para nelayan untuk selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan," ujar Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sofyan, Minggu 13 Oktober 2019.

Besarnya gelombang yang terjadi di kawasan pantai selatan Garut menurut Tubagus diprediksi terjadi akhir Oktober nanti. Namun demikian hal ini bukan berarti saat-saat ini para nelayan tidak harus hati-hati karena segala kemungkinan bisa saja terjadi termasuk munculnya gelombang besar secara tiba-tiba.

Disebutkannya, untuk saat ini kondisi gelombang memang terbilang relatif normal. Namun pihaknya tetap meminta agar para nelayan tidak lengah dan selalu berhati-hati.

 Tubagus mengungkapkan, pada bulan lalu, satu perahu nelayan di Pantai Santolo sempat terbalik karena gelombang besar yang datang secara tiba-tiba. Cuaca di laut selatan memang selalu berubah-ubah akibat terjadinya perubahan musim.

"Bulan lalu ada sebuah perahu yang terbalik akibat diterjang ombak besar di kawasan pantai santolo. Akibatnya, satu nelayan tenggelam dan kemudian ditemukan dalamk kondisi sudah meninggal," katanya kepada wartawan Kabar Priangan, Aep Hendy.

Tubaguspun mengingatkan agar para nelayan tidak memaksakan untuk melaut apabila kondisi ombak sedang besar. Ini menurutnya akan sangat membahayakan keselamatan sehingga jauh lebih baik agar para nelayan menghindari risiko. 

Karakter laut di pantai selatan Garut sendiri menurut Tubagus memang cukup membahayakan dengan keberadaan ombak yang cenderung besar. Meski nelayan sudah terbiasa, akan tetapi kewaspadaan harus tetap ditingkatkan guna mencegah terjadinya hal yang tak diharapkan.***

Bagikan: