Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Badai petir, 27.5 ° C

Waspadai Calo dalam Penerimaan PNS

Nurhandoko

ILUSTRASI CPNS.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI CPNS.*/DOK. KABAR BANTEN

CIAMIS,(PR).- Menghadapi pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (PNS) yang direncanakan mulai berlangsung akhir Bulan Oktober 2019, peserta diminta tidak tergiur bujukan calo. Seperti penerimaan sebelumnya, tes dilaksanakan dengan berbasis komputer yang langsung dikendalikan oleh pusat.

“Tidak dimungkiri, momen penerimaan CPNS dimanfaatkan oleh oknum yang bergentayangan , menjanjjikan dapat meluluskan peserta. Saya mengingatkan masyarakat agar tidak tergiur buju rayu calo, tidak tergoda oleh calo. Ikuti tes sesuai mekanisme,” kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Kamis 10 Oktober 2019.

Dia mengatakan sudah banyak warga menjadi korban calo , yang menjanjikan dapat memasukkan seseorang  menjadi PNS. Dalam aksinya untuk memuluskan usahanya, calo meminta uang hingga puluhan juta rupiah.

 “Sudah habis uang puluhan juta rupiah, ternyata tidak diterima. Sudah uang hilang, PNS pun tidak dapat. Bila ada yang mendekati dan menjanjikan, lebih baik dihindari. Bahkan apabila memang perlu ya dilaporkan saja,” tuturnya.

Lebih lanjut Bupati Ciamis Herdiat mengatakan saat ini membutuhkan tidak kurang dari 5.000 PNS. Banyaknya kebutuhan tersbeut juga berkenaan dengan adanya moratorium atau penghentian sementara penerimaan PNS beberapa tahun lalu. Di lain pihak, banyak PNS yang pensiun, meninggal dunia, termasuk pindah ke daerah lain.

“Kami masih banyak membutuhkan ASN. Sebagian besar memang di lingkungan pendidikan, tenaga kesehatan serta tenaga teknis. Tahun kemarin, Ciamis hanya menerima 200 orang. Semoga tahun ini kuota untuk Ciamis ditambah, akan tetapi semuanya juga kami serahkan kepada pemerintah pusat, ” katanya.

Pelaksanaan  pendaftaran CPNS 2019/2020 direncanakan mulai akhir Bulan Oktober sampai dengan awal November. Pengumuman seleksi adminsitrasi dan masa sanggah pada Desember. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi, selanjutnya mengikuti tes kompetensi dasar serta seleksi kompetensi bidang. Agar lebih jelas, calon peserta dapat melihat jadwal berikut persyaratan di link BKN.***

 

 

Bagikan: