Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 19.1 ° C

Petani Minta Perbaikan Tanggul Segera

Gelar Gandarasa
WARGA mengamati tanggul amblas di wilayah Kertasmaya pada Juli 2019. Tanggul tersebut saat ini tengah dikebut proses perbaikannya.*/ GELAR GANDARASA/PR
WARGA mengamati tanggul amblas di wilayah Kertasmaya pada Juli 2019. Tanggul tersebut saat ini tengah dikebut proses perbaikannya.*/ GELAR GANDARASA/PR

INDRAMAYU, (PR).- Petani di wilayah barat Kabupaten Indramayu mendesak agar pemerintah daerah segera merampungkan perbaikan tanggul di wilayah Kertasmaya. Dalam waktu dekat, petani di wilayah tersebut akan segera memulai tanam pada musim hujan. Menanggapi hal itu, pemerintah daerah memastikan akan segera merampungkan proses perbaikan tanggul.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Kandanghaur Waryono mengatakan, keberadaan saluran irigasi di Kertasmaya cukup vital. Betapa tidak, saluran tersebut saat ini di antaranya melayani areal persawahan yang ada di wilayah Kecamatan Kandanghaur, Gabuswetan, Cikedung dan Terisi. “Melayani ribuan hektare lahan di sana,”kata Waryono, Rabu 9 Oktober 2019.

Kekhawatiran petani akan lamanya proses perbaikan bukan tanpa alasan. Berkaca pada musim tanam kemarau ini kata dia, lahan persawahan di wilayahnya mayoritas mengalami puso. Hal itu salah satunya diakibatkan seretnya pasokan air karena adanya kerusakan saluran irigasi. “Debit air menurun ditambah ada saluran yang rusak,” ungkapnya.

Untuk itu, para petani menuntut supaya pemerintah daerah segera merampungkan proses perbaikan. Dengan demikian, mereka tak perlu lagi khawatir lahannya kekurangan air di musim tanam yang akan datang. Petani tidak mau lahan mereka terkena puso lagi. “Selain perbaikan, kami juga meminta supaya adanya modernisasi saluran air,” tegas dia.

Perbaikan tanggul di wilayah Kertasmaya memang jadi fokus perhatian dari pemerintah daerah selama ini. Bupati Indramayu Supendi mengatakan, sejauh ini dirinya terus melakukan pemantauan terkait perkembangan proses perbaikan tanggul di Kertasmaya. Bahkan kata dia, belum lama ini dirinya baru saja memantau pekerjaan di sana. “Kunjungan ke lokasi perbaikan tanggul tersebut untuk memastikan perbaikan yang tengah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Indramayu dan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung,” ungkap Supendi.

Dia menilai, perbaikan memang perlu dipercepat prosesnya.  Sebab dalam waktu dekat ini masyarakat akan menghadapi musim hujan. Dikhawatirkan jika tak segera teratasi bisa mengganggu aktivitas masyarakat. ***

 

Bagikan: