Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 22.7 ° C

Banyak Truk Sampah Rusak Tak Diiringi Pengadaan Baru

Riesty Yusnilaningsih
SEJUMLAH bangkai truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menumpuk di Jalan Rawasari Timur, Cempaka Putih, Jakarta, Kamis, 5 September 2019 lalu.*/ANTARA
SEJUMLAH bangkai truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menumpuk di Jalan Rawasari Timur, Cempaka Putih, Jakarta, Kamis, 5 September 2019 lalu.*/ANTARA

BEKASI, (PR).- Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi mengaku kekurangan armada untuk memaksimalkan pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir Sumur Batu. Di tengah kondisi tersebut, jumlah armada harus semakin berkurang seiring akan dilakukannya penghapusan terhadap truk tua yang sudah rusak.

Kepala Dinas LH Kota Bekasi Yayan Yuliana menyebutkan, setidaknya ada 15 truk yang rencananya akan dihapuskan. Kondisi 15 truk tersebut, disebutnya, sangat parah dan sulit beroperasi maksimal untuk melaksanakan tugas pengangkutan sampah sehari-hari.

"Kerusakan pada 15 truk tersebut tidak hanya pada bak pengangkutnya yang sudah banyak berlubang di mana-mana karena keropos, selain juga faktor usia. Mesin utama truknya pun banyak yang sudah rusak," ucap Yayan, Rabu, 9 Oktober 2019.

Menurut Yayan, pihaknya sudah berupaya memperbaiki kerusakan yang ada, sebab keberadaan 15 truk tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu pengangkutan sampah warga Kota Bekasi yang produksi per harinya mencapai 1.700 ton.

"Kami coba perbaiki agar tetap bisa dipakai, tapi kerusakannya sudah terlampau parah, sehingga mau tak mau harus dihapuskan karena tidak bisa dipergunakan lagi," katanya.

Sayangnya, kondisi rusaknya truk tersebut tidak dibarengi dengan pengadaan truk baru. Padahal, dengan adanya penghapusan truk akan menyulitkan pengangkutan sampah di Kota Bekasi. 

“Dalam APBD 2019 tidak ada anggaran pengadaan. Kami sedikit terbantu dengan adanya hibah truk dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak sepuluh unit, tapi itu pun baru diterima dua unit,” katanya.

Sebelum mendapatkan tambahan sepuluh truk hibah tersebut, di awal tahun Pemerintah Kota Bekasi juga menerima hibah truk sampah dari Pemprov DKI Jakarta sebanyak 55 unit hingga menggenapi jumlah armada sampah Kota Bekasi menjadi 240 unit.***

Bagikan: