Pikiran Rakyat
USD Jual 14.024,00 Beli 14.122,00 | Umumnya berawan, 26.1 ° C

Tengkorak Misterius Ditemukan di Indramayu, Bikin Geger Warga

Gelar Gandarasa
TENGKORAK misterius yang ditemukan di Lemahabang, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Kamis 3 Oktober 2019.*/GELAR GANDARASA/PR
TENGKORAK misterius yang ditemukan di Lemahabang, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Kamis 3 Oktober 2019.*/GELAR GANDARASA/PR

INDRAMAYU, (PR).- Warga Lemahabang di Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Kamis 3 Oktober 2019 menemukan tengkorak manusia. Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Indramayu turun langsung menelusuri sejarah tengkorak tersebut.

Penemuan tengkorak tak jauh dari kawasan makam Raden Wirapati atau Wiralodra II yang merupakan bupati kedua Indramayu.

Tengkorak tersebut ditemukan di kedalaman sekira 2,8 meter oleh para pekerja yang menggali tanah untuk membangun tempat pencucian mobil. Di dekat tengkorak tersebut juga ditemukan besi dan serpihan kayu. “Ditemukan saat sedang bekerja,” kata salah seorang pekerja, Wartoni.

Ketua TACB Indramayu Dedy Musashi mengatakan, tengkorak tersebut diduga punya nilai sejarah sebab berada di kedalaman 2,8 meter. Selain itu, ada benda penunjang lain yang ikut ditemukan di sekitar lokasi.

“Kami melakukan dokumentasi dan pengumpulan data terkait temuan yang tak disengaja tersebut,” kata Dedy.

TIM Ahli Cagar Budaya (TACB) Indramayu menelusuri penemuan sebuah tengkorak di Lemahabang, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Kamis 3 Oktober 2019.*/GELAR GANDARASA/PR

TACB belum bisa memastikan rentang tahun asal tengkorak tersebut. Untuk mengetahuinya secara pasti, TACB akan berkoordinasi dengan Balai Arkeologi Bandung dan Balai Pelestarian Cagar Budaya yang ada di Serang.

“Identitas tengkorak belum bisa diketahui, seperti umurnya. Juga belum bisa dipastikan apakah memiliki hubungan dengan Raden Wirapati,” ujarnya.

Tim arkeologi dari Bandung direncanakan akan segera datang menelusuri tengkorak tersebut dalam waktu dekat. Dedy mengatakan, tim akan segera melakukan ekskavasi penemuan tersebut. Untuk itu, dia sudah meminta pemilik lahan menghentikan aktivitas pembangunan sementara waktu.

Dedy mengatakan, tim tertarik menelusuri lebih jauh nilai-nilai sejarah yang terkandung dalam penemuan tengkorak yang kini sudah menghitam itu.

“Lapisan budaya belum terkoyak dan ada temuan penyertanya berupa serpihan kayu dan besi. Ini sangat menarik,” kata dia.

Kkepolisian juga telah menelusuri identitas tengkorak tersebut. Petugas dari Polsek Indramayu mengamankan area lokasi penemuan tengkorak.

Warga berbondong-bondong datang ke lokasi untuk menyaksikan tengkorak yang diduga memiliki nilai sejarah itu.***

Bagikan: