Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 22.3 ° C

Ridwan Kamil Minta Kabupaten Tasikmalaya Segera Usulkan Wakil Bupati

Novianti Nurulliah
GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR
GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunggu pengajuan dari pemerintah Kabupaten Tasikmalaya guna mengisi kekosongan posisi wakil bupati Tasikmalaya. Untuk diketahui, Ade Sugianto, Bupati Tasikmalaya yang mengisi kedudukan bupati sepeninggalan Uu Rizhanul Ulum memiliki masa jabatan hingga 2021 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ridwan usai melantik Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan Wakil Bupati Indramayu Taufik Hidayat di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa, 1 Oktober 2019. Saat itu Ridwan meminta pemerintah Kabupaten Cirebon segera mengusulkan sosok untuk mengisi posisi wakil bupati karena Imron merupakan mantan wakil bupati yang mengisi jabatan Bupati Cirebon definiif usai bupati sebelumnya Sunjaya menjalani hukuman tindak pidana korupsi. Permintaan serupa pun ditujukan kepada Kabupaten Tasikmalaya.

“Tugas bupati Cirebon yang kedua secepatnya mengusung calon wakil bupati karena kalau tugas dikerjakan sendiri banyak kendala kedinasan yang luar biasa. Ini juga berlaku untuk Kabupaten Tasikmalaya yang perhari ini belum mengajukan calon wakil bupatinya,” ucap dia.

Diakui Ridwan, pihaknya menunggu usulan dari Kabupaten Tasikmalaya agar segera mereka proes. “Kami tunggu agar kami proses, agar penyelenggaraan pembangunan bisa lancar,” ujarnya.

Untuk diketahui, Ade dilantik pada 3 Desember tahun 2018 lalu. Artinya Ade jelang satu tahun memimpin Kabupaten Tasikmalaya tanpa wakil bupati. Sementara dia sebelumnya sebagai wakil bupati Uu Ruzhanul Ulum yang kini mewakili Ridwan Kamil di Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Imron Rosyadi sebagai Bupati Cirebon sisa masa jabatan 2019-2024 dan Taufik Hidayat sebagai Wakil Bupati Indramayu sisa masa jabatan 2016-2021 di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa 1 Oktober 2019.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

Pelantikan

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Ridwan melantik Bupati Cirebon periode 2019-2024 dan Wakil Bupati Indramayu definitif 2016-2021. Seperti biasa, Ridwan Kamil mengingatkan tiga hal kepada dua pemimpin wilayah tersebut. Namun untuk Kabupaten Cirebon mendapat atensi lebih.

“Dua-duanyanya saya titipkan pesan sama. Satu berintegritas, antikorupsi karena Cirebon kena kasus. Yang kedua harus melayani harus banyak membuat terobosan-terobosan,  yang ketiganya profesional. Tiga itu  mudah-mudahan hadir,” kata dia.

Ditegaskan Ridwan, pihaknya akan terus mengawal daerah-daerah yang mendapat atensi dari pemerintah pusat. Salah satunya Kabupaten Cirebon, untuk memastikan tidak terulang lagi permasalaahan serupa. Ridwan pun berharap di daerah yang dikenal kota udang itu terjadi reformasi birokrasi lebih baik.***

Bagikan: