Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sedikit awan, 21.5 ° C

Tahun Depan Subang Miliki Jalan Lingkar

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI perbaikan jalan.*/DOK. PR
ILUSTRASI perbaikan jalan.*/DOK. PR

SUBANG, (PR).- Bupati Subang, H.BRuhimat yang sempat menjanjikan akan melakukan perbaikan infrastruktur jalan terus dilakukan. Bahkan pada tahun 2020 tidak hanya jalan-jalan kabupaten, tetapi juga jalan lingkar kota untuk mengurai kemacetan dan perkembangan ekonomi.

“Ya kita akan segera laksanakan sesuai kesepakatan bersama dengan DPRD karena dana talangnya sudah siap, terutama untuk pembangunan jalan lingkar kota maupun alternatif di Jalancagak," katanya usai menghadiri puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional di kantor Dinas Perhubungan Jalan Otto Iskadardinata, Subang, Sabtu 28 September 2019.

Tentu saja, lanjutnya, kebutuh jalan lingkar sangat diperlukan sebagai upaya mengurai padatnya arus lalu lintas di ruas jalan pusat kota sejak Tol Cipali beroperasi. “Sangat dirasakan bila tiba akhir pekan atau libur dan hari biasa volume kendaraan melintasi kota mengalami peningkatan signifikan. Bahkan di beberapa lokasi sering terjadi antrean panjang, seperti di pusat kota dan kota Kecamatan Jalancagak," kata Bupati seperti dikutip wartawan Galamedia, Dally Kardilan.

Kepala Dinas Perhubungan, Rona Mairansyah sendiri membenarkan kalau rencana jalan Lingkar Jalancagak tinggal pelaksanaannya saja, sedangkan untuk Lingkar Kota atau Luar sedang proses menyusun DED yang dilaksanakan oleh konsultan dan tinggal penuntasan. Termasuk jalurnya yang awalnya mulai dari gerbang Tol Cilameri ke arah timur, masuk daerah Belendung dan keluar di Wanareja, Kecamatan Cibogo masih dipertimbangkan kembali.

“Yang jelas akan dilaksanakan tahun depan dan akhir tahun ini sudah melangkah ke penentuan lokasi. Termasuk untuk jalur lingkar di wilayah Subang Selatan karena tadi juga terdengar keseriusan dari pak Bupati," ungkap Rona.
 
Puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional selain diawali dengan potong tumpeng juga ada perlombaan senam dan stand up comedy keselamatan berlalu-lintas yang diikuti pelajar SMA/K dan MAN se-Kabupaten Subang. “Kalau kegiatan sebelumnya ada yang berkolaborasi dengan PMI Subang dan Satlantas Subang," kata Ketua Panitia, Cece Rahman.***

Bagikan: