Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Cerah berawan, 20 ° C

Tahun 2019 di Ciamis, 102 Kepala Desa Habis Masa Jabatan

Nurhandoko
null
null

CIAMIS,(PR).- Sebanyak 143 desa di tatar Galuh Ciamis bakal menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada tahun 2020. Pesta demokrasi rakyat secara serentak tersebut, paling banyak dibandingkan dua pelaksanaan sebelumnya yang hanya diikuti 76 desa dan 40 desa. 

“Pilkades serentak terkahir tahun 2020 bakal dilaksanakan  di 143 desa. Ini benar-benar pesta demokrasi rakyat. Jumlahnya paling banyak dibandingkan dua pilkades serentak sebelumnya,” tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa (DPMD) Lily Romli, Sabtu 21 September 2019. 

Dua pilkades sebelumnya berlangsung pada Tahun 2016 diikuti 76 desa. Kemudian tahun 2018 pilkades serentak diikuti 40 desa. Pelaksanaan dua pilkades serentak sebelumnya, lanjut Lily Romli, berjalan aman, tertib dan lancar. 

“Kami berharap pilkades terbesar nanti juga bakal berjalan tertib, aman, lancar. Saat ini kami masih terus memersiapkan penyusunan kepantiaan di tingkat kabupaten. Selain itu juga menyusun berbagai jadwal tahapan, mulai dari sosialisasi hingga waktu pencoblosan,” katanya. 

Lebih lanjut dia mengungkapkan pada tahun 2019 terdapat 102 kepala desa yang habis masa jabatannya. Sedangkan tahun 2020 terdapat 42 kepala desa yang habis masa jabatannya. Untuk mengisi kekosangan, akibat masa jabatan habis, diangkat pejabat sementara (Pjs).

“Untuk pengisiannya sampai ada pelantikan kepala desa definitif  hasil pilkades. Direncanakan pilkades serentak tahun 2020  berlangsung pada bulan Apirl, akan tetapi hal tersebut belum dipastikan , karena sampai saat ini masih penyusunan rencana belum tuntas,” ungkapnya.

Terpisah Camat Jatinagara, Asep Sutisna mengatakan ada tiga desa yang bakal melaksanakan pilkades serentak. Yakni Desa Bayasari, Dayeuhluhur dan Jatinagara. “Untuk Kepala Desa Jatinagara dan Bayasari, sejak Bulan September sudah dilantik Pjs. Sedangkan Kades Dayeuhluhur akan habis masa jabatan pada Bulan Oktober,” tuturnya.***

Bagikan: