Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Sedikit awan, 20.7 ° C

Aplikasi Bebunge Bisa Melayani Apa Saja, Termasuk Memanggil Ambulans

Tommi Andryandy
LOGO Kabupaten Bekasi/DOK. PR
LOGO Kabupaten Bekasi/DOK. PR

CIKARANG, (PR).- Perhelatan Pekan Raya Kabupaten Bekasi (PRKB) 2019 resmi digelar di Komplek Olah Raga Stadion Wibawa Mukti. Sedikitnya 300 usaha mikro kecil menengah hadir dalam acara yang diselenggarakan hingga Minggu 29 September 2019 mendatang.

PRKB merupakan kegiatan tahunan yang digelar sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun Kabupaten Bekasi. Bertujuan sebagai media untuk menggali potensi dan mempromosikan produk Kabupaten Bekasi serta menyajikan informasi dan inovasi hasil pembangunan di daerah berjuluk kota jawara ini.

Sesuai temanya yakni meningkatkan karya inovasi produk daerah, PRKB tahun ini pun menampilkan produk unggulan dari para UMKM khas Kabupaten Bekasi.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bekasi memang sedang giat-giatnya melaksanakan berbagai pembangunan, melaksanakan apa saja yang jadi kebutuhan masyarakat Kabupaten Bekasi termasuk bagaimana pelayanan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Maka PRKB ini menjadi salah satu media untuk menyosialisasikan pembangunan itu," kata Bupati Eka Supria Atmaja usai meresmikan PRKB.

Kuliner tradisional

Beberapa produk yang ditampilkan di antaranya batik khas Kabupaten Bekasi; kuliner tradisional berupa kue jalabiya, rengginang hingga kue cincin; serta beragam kerajinan tangan lainnya. 

Dalam kesempatan itu, Eka turut mengenalkan program baru yang bernama aplikasi Bebunge (Bekasi Nyambung Bae). Aplikasi terpadu tentang berbagai pelayanan publik di Kabupaten Bekasi. "Termasuk dalam keadaan darurat bisa digunakan untuk memanggil ambulans," ucapnya.

Selain pameran produk inovasi daerah, terdapat pula 60 stan dari seluruh organisasi perangkat daerah Pemkab Bekasi. Melalui stan tersebut, warga dapat memanfaatkannya untuk berbagai pengurusan administrasi, mulai dari perizinan hingga kependudukan.

Dalam beberapa penyelenggaraan, stan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil biasanya menjadi yang paling ramai dikunjungi. Warga memanfaatkan pekan raya untuk mengurus akta kelahiran, KTP elektronik ataupun adminstrasi kependudukan lainnya yang bakal dilayani selama pekan raya berlangsung.***

Bagikan: