Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 32 ° C

Pembahasan APBD Perubahan Indramayu Terkendala Status Pimpinan Dewan

Gelar Gandarasa
ILUSTRASI surat keputusan.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI surat keputusan.*/DOK. KABAR BANTEN

INDRAMAYU, (PR).- Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan terkendala oleh status pimpinan dewan yang belum definitif. Saat ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indramayu masih menunggu surat keputusan dari gubernur Jawa Barat terkait pimpinan definitif.

Ketua Sementara DPRD Indramayu Syaefuddin mengatakan, ada banyak agenda yang harus diselesaikan oleh DPRD Indramayu. Salah satu agenda penting, yakni soal pembahasan anggaran yang dinilai cukup mendesak waktunya.

Untuk membahas agenda penting tersebut diperlukan status pimpinan yang definitif. Sebab, penetapan pimpinan definitif akan diikuti juga oleh pembentukan badan anggaran dan alat kelengkapan lain.

Untuk itu, tidak mungkin membahas anggaran tanpa adanya badan atau pimpinan definitif.

Dia menambahkan, ada beberapa alur tahapan yang mesti dilalui untuk menentukan pimpinan. Alur penetapan itu antara lain melalui biro pemerintahan, otonomi daerah, dan juga biro hukum Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Saat ini pengajuan masih di biro hukum pemerintah,” kata dia, Kamis, 19 September 2019.

Syaefuddin mengatakan, DPRD terus berupaya mempercepat proses-proses tersebut. DPRD terus memberikan pemahaman terkait kondisi yang ada di Kabupaten Indramayu.

Dia menambahkan, batas waktu penetapan perubahan APBD adalah akhir September ini. Sehingga, kata Syaefuddin, kalau proses berjalan telat, maka akan mempengaruhi agenda yang telah ditetapkan sebelumnya.***

Bagikan: