Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.4 ° C

Masyarakat Laksanakan Ritual Ruat Jagat Sila Saamparan

Agus Kusnadi
BUPATI Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Adang Hadari serta Ketua DPRD Kab. Pangandaran saat menghadiri acara festival budaya ruat jagat sila saamparan di obyek wisata pantai Batu Hiu Parigi, Jumat, 20 September 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN
BUPATI Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Adang Hadari serta Ketua DPRD Kab. Pangandaran saat menghadiri acara festival budaya ruat jagat sila saamparan di obyek wisata pantai Batu Hiu Parigi, Jumat, 20 September 2019.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN

PARIGI,(PR).- Masyarakat Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran menggelar tradisi ruat jagat sila saamparan di area parkir obyek wisata pantai Batu Hiu. 

Tradisi yang digelar setiap setahun sekali itu dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemerintah Daerah dan DPRD di Kab Pangandaran, seperti Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata bersama Wakil Bupati Adang Hadari dan Ketua DPRD Kab. Pangandaran Asep Noordin juga tampak hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menyaksikan tradisi yang secara turun temurun dilakukan oleh masyarakat di kawasan obyek wisata pantai Batu Hiu Parigi.

Menurut Ketua penyelenggara Ki Rangga, ini meruPakan salah satu ritual budaya atau disebut ruat jagat sila saamparan. Dimana ruat jagat ini merupakan wujud syukur kepada Yang Maha Kuasa atas rahmat dan nikmat yang sudah dirasakan oleh masyarakat.

"Dalam tradisi ini banyak mengandung filosofi, dengan ruat jagat ini kita paham betul falsafah yang sangat luar biasa, intinya bagaimana cara menyerahkan diri dan bersyukur kepada Yang Maha Kuasa," ungkap Rangga, Jumat, 20 September 2019.

Dirinya berharap, mudah-mudahan dengan ritual budaya ini merupakan ibadah dan wujud syukur atas nikmat yang sudah dirasakan.

"Tujuannya kita ikut dalam mempromosikan pariwisata, dengan konsep ini kita bisa menjual kepada pengunjung bagaimana caranya pengunjung bisa penasaran seperti apa budaya yang kita lakukan," ujarnya, seraya menambahkan, bahwa kegiatan tradiai budaya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kab Pangandaran.

Paket wisata

Sementara Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, dirinya bersama kang Adang, Ketua DPRD dan Ketua MUI Kab. Pangandaran KH Otong Aminudin dan beserta jajarannya menghadiri festival budaya di pantai Batu Hiu.

"Saya sengaja mengajak Ketua MUI supaya mana-mana saja yang bisa kita luruskan dalam tradisi tersebut, agar budayanya berkembang dan terjaga dengan baik, karena dalam festival budaya ini banyak kegiatannya ada festival layang-layang, festival ronggeng gunung dan lainnya," ujar Jeje.

Menurut Jeje, event-event di Kab. Pangandaran ini banyak, maka dirinya sedang mengemas mana-mana saja event budaya yang bisa dijadikan kalender paket wisata.

Jeje juga mengatakan, bahwa tahun ini tengah fokus membangun pantai barat dan timur Pangandaran. Tahun 2020, pemerintah daerah akan fokus pada pembangunan pantai Krapyak, Batu Hiu dan Batu Karas.

"Apalagi tahun depan jalan jalur pantai dari Pangandaran menembus pantai Batu Hiu hingga pantai Batu Karas, maka obyek wisata pantai Batu Hiu akan lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan," ujarnya.***
 

Bagikan: