Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.4 ° C

Tim Khusus Siap Sikat Habis Preman Pengacau Keamanan Cirebon

Ani Nunung Aryani
ILUSTRASI penangkapan preman.*/DOK. PR
ILUSTRASI penangkapan preman.*/DOK. PR

CIREBON, (PR).- Preman yang telah menebar teror di kawasan kuliner malam hari Jalan Pekalipan Kota Cirebon akhirnya ditangkap Rabu 18 September 2019 malam. Bahkan, Tim Khusus bentukan polisi ini siap sikat habis preman pengganggu keamanan di Cirebon.

Tim Khusus yang menangani premanisme Polres Cirebon Kota sudah mengamankan pelaku F alias Ugi, warga Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Pelaku ditangkap tidak jauh dari rumahnya, saat tengah kongkow dengan teman-temannya.

Menurut informasi, aksi teror dilakukan pelaku terhadap sejumlah pedagang kuliner di kawasan itu, dengan meminta sejumlah uang dengan dalih pengaman. Kalau menolak pelaku tidak segan-segan mengancam dengan senjata tajam.

Teror sang preman menjadi sebab tutupnya kedai kopi Pekalipan, yang kerap menjadi tempat ngobrolnya sejumlah pejabat.

Tutupnya kedai kopi memunculkan aksi solidaritas sesama barista sejumlah kedai kopi yang diwujudkan dalam aksi ngopi gratis di halaman Mapolres Cirebon Rabu lalu.

Menurut Kapolres Cirebon Kota Ajun Komisaris Besar Roland Ronaldy, penangkapan terhadap pelaku dilakukan oleh Satgas Khusus yang dibentuk untuk menangani premanisme dan kriminal jalanan.

"Pelaku diamankan pada saat berada di wilayah Pesisir Kota Cirebon, tidak jauh dari rumahnya," ujarnya. 

Dikatakannya, pelaku pengancaman terhadap barista kedai kopi Pekalipan beberapa hari yang lalu, sempat viral di media sosial.

"Penangkapan pelaku dengan dasar membawa senjata tajam tanpa hak dan atau pengancaman barista kedai kopi Pekalipan," katanya.

Dikatakannya, respons cepat timsus dalam mengungkap pelaku pengancaman dengan senjata tajam untuk semakin memberikan rasa aman di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita satu unit kendaraan Yamaha Jupiter warna merah dengan Nopol E-3846-BH, jaket warna hitam milik pelaku, satu bilah sangkur warna hitam, satu buah kalung dan satu buah knuckle.

"Saat ini pelaku berikut barang bukti sudah kami amankan di Mapolres Cirebon Kota guna dilakukan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.***

Bagikan: